MEULABOHUTU | Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Masuk Mandiri (SMM) Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (PTN-Barat) tahun 2024 di Universitas Teuku Umar  yang dihelat pada 27 dan 28 Juni 2024, berlangsung sukses, kondusif tanpa ditemukan kecurangan.

Rektor Universitas Teuku Umar, melalui Wakil Rektor II bidang Umum dan Keuangan, Prof Dr Nyak Amir, M.Pd memastikan pelaksanaan UTBK di beberapa ruangan dalam Gedung ITC, komplek kampus UTU, Alue Penyareng berjalan dengan lancar saat melakukan kunjungannya.

Dalam peninjauan tersebut Warek II didampingi Kabiro AKPK, Renaldi Iswan, ST.,M.Sc, Ketua UPT TIK UTU, Ir. Rizki Agam Syahputra., S.T., M.Si., M.AppIn&E, Koordinator Teknis Pelaksanaaan SMM PTN-Barat di UTU, Heri Darsan, S.T., M.T, tim Monev yang terdiri dari Basri, S.H., M.H, Triyanto, M.A; Ir. Yuliatul Muslimah, M.P; Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.TP., Maitrise., M.Sc., IPU; Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.PH; Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng, IPM; Ir. Rusydi Faizin, M.Si dan Dr. Hamdi Harmen, M.Si.

“Alhamdulillah, hingga hari terakhir ini pelaksanaan UTBK berjalan kondusif tanpa kendala berarti dan tidak ditemukan adanya kecurangan-kecurangan,” ujar Koordinator Teknis, Heri Darsan melaporkan kepada Wakil Rektor.

Untuk mengantisipasi kecurangan kata Heri Darsan, panitia melakukan pengetatan pengawasan dengan menerjunkan para dosen dan tenaga kependidikan (Tendik) yang berpengalaman sebagai pengawas. Para peserta test juga diperiksa secara teliti identitasnya dan sebelum masuk ruangan tes harus melewati pemeriksaan menggunakan metal detector.

Pelaksanaan SMM PTN-Barat 2024 di UTU mengacu dan sangat memperhatikan Permendikbud No.48 Tahun 2022 dan dilaksanakan secara bersama-sama dengan konsorsium, 25 PTN Wilayah Barat, sesuai dengan Surat Keputusan Ketua BKS PTN Indonesia Wilayah Barat Nomor: 24-01/BKS PTN-Barat/I/2024 tanggal 8 Januari 2024 tentang Perguruan Tinggi Peserta Program SMMPTN-Barat 2024 dan Surat Keputusan Ketua BKS PTN-Barat Nomor: 24-02/BKS PTNBarat/I/2024 tentang Panitia Program SMMPTN-Barat 2024.

SMM PTN-Barat merupakan model penerimaan mahasiswa baru program sarjana reguler di UTU yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama dengan 25 perguruan tinggi yang tergabung dalam BKS PTN Wilayah Barat untuk mengisi kuota maksimal 10 persen dari daya tampung mahasiswa baru UTU atau lebih kurang 250 orang untuk S1 reguler.

Berdasarkan rekapitulasi data oleh panitia, jumlah peserta SMM PTN-Barat 2024 di UTU sebanyak 289 orang yang dibagi dalam 4 (empat) sesi UTBK. Pelaksanaan UTBK menggunakan 6 ruangan laboratorium komputer lengkap dengan fasilitas internet di  gedung ITC TIK komplek kampus UTU.

Sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan, jika tidak halangan pengumuman hasil tes akan dilaksanakan secara online pada tanggal 9 Juli 2024 pukul 16.00 WIB. Pengumuman dapat dilihat pada laman smmptnbarat.id dan 16 link mirror di perguruan tinggi konsorsium, termasuk pada laman http://smmptn.utu.ac.id.

17 Peserta Gugur

Meskipun pengumuman hasil kelulusan baru akan diketahui pada 9 Juli 2024, namun 17 orang dari 289 peserta SMM PTN-Barat 2024 di UTU telah dinyatakan gugur. Hal itu karena pada saat pelaksanaan UTBK belasan peserta tersebut tidak hadir.

“Tidak hadir saat UTBK secara otomatis peserta bersangkutan gugur,” ujar tim Monev UTBK SMMPTN Barat, Basri, S.H., M.H, ketika mendapingi Wakil Rektor melakukan peninjauan pelaksanaan UTBK SMM PTN-Barat di gedung ITC UTU.

Dijelaskan Basri, berdasarkan data yang diinput panitia, jumlah peserta tidak hadir saat UTBK sudah mencapai 17 orang, jika dirinci tiap sesi, jumlah ketidakhadiran yaitu, pada sesi 1 sebanyak 6 orang, sesi 2 sebanyak 3 orang, dan sesi 3 sebanyak 8orang.

“Tingkat kehadiran secara keseluruhan mencapai 94,00 persen,” Pungkas Basri, (Aduwina Pakeh / Humas UTU).