MEULABOHUTU | Guna Menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencinta Alam TaRanTuLa Universitas Teuku Umar  melaksanakan berbagai kegiatan peduli lingkungan. Salah satunya “Bersih Pantai”, yang dilakukan di Pantai Batu Putih, Ujong Kalak, Meulaboh, Aceh Barat, Kamis (17/8/2023).

Rizki Maulizar kepada Humas UTU mengatakan kegiatan bersih pantai ini sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir dan guna menciptakan lingkungan yang bersih, lestari serta meningkatkan kerja sama lintas sektor dalam pengelolaan sampah. Selain itu diharapkan pantai terbebas dari polusi plastik dan polutan lain.

Selain itu, kegiatan ini sebagai wujud implementasi kepedulian mahasiswa yang turut serta dalam memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan dalam menghadirkan lingkungan yang lebih bersih, sehat dan lestari, terkhusus diwilayah pesisir pantai batu putih yang merupakan salah satu icon destinasi wisata di Aceh Barat

“Bakti sosial membersihkan lingkungan ini sebagai wujud peduli terhadap lingkungan dan juga sebagai dedikasi mahasiswa UTU bagi masyarakat untuk memelihara kebersihan lingkungan,” ucapnya

Aksi yang dimulai pukul 16.00 – 18.00 WIB tersebut berhasil mengumpulkan sejumlah besar sampah yang kemudian dibuang dengan benar agar tidak mencemari lingkungan. Seluruh peserta merasa puas dengan kontribusi positif yang telah mereka berikan dalam menjaga kebersihan pantai.

Aksi bersih pantai yang diadakan oleh UKM PA TaRaNTuLa ini diharapkan dapat menginspirasi bagi masyarakat lainnya untuk turut serta dalam menjaga kebersihan pantai dan melestarikan lingkungan. Dengan kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak, diharapkan pantai-pantai di sekitar Aceh Barat dapat tetap indah dan lestari untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

Lanjut Rizky mengungkapkan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia tahun 2023 ini, pemerintah mengusung tema HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan slogan “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. (Humas UTU).