MEULABOHUTU | Mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional dengan lolosnya tiga kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) ke ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI)  Expo XV 2024, yang akan diselenggarakan di Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 23-25 Oktober 2024.

Pengumuman lolosnya tiga kelompok mahasiswa UTU ini tertuang dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbud Ristek nomor: 5241/E2/DT.01.03/2024 tentang pengumuman Peserta KMI Expo 2024. Tiga kelompok ini berhasil lolos bersama 741 kelompok mahasiswa lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Ketiga kelompok mahasiswa tersebut ialah Laili Rahmawati dengan nama usaha BohateFindStuff Online Second and Baby Goods Rental pada Kategori Bisnis Digital. Berikutnya Andini dengan nama usaha Artful EInvite Creations pada kategori yang sama yaitu Bisnis Digital. Sedangkan kelompok ketiga diketuai oleh Rahmad Hidayat dengan nama usaha Pengembangan Urban Farming Memanfaatkan Internet of Things pada kategori Budidaya.

Tiga kelompok mahasiswa ini selanjutnya akan berlaga pada ajang KMI Awards 2024 yang akan berlangsung pada 23-25 Oktober 2024 di Universitas Halu Oleo (UHO), Kota Kendari.

Menanggapi prestasi yang diraih 3 tim mahasiswa tersebut, Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si kepada Humas UTU Rabu (18/09/2024) menyampaikan apresiasinya kepada tim P2MW UTU, baik mahasiswa, dosen pembimbing, Korpus PKM maupun bagian kemahasiswaan UTU yang turut memberikan support system sehingga tiga kelompok usaha dari UTU berhasil lolos ke ajang Expo KMI Awards 2024.

”Alhamdulillah, tentu ini khabar yang sangat menggembirakan, karya mahasiswa UTU kembali mendapatkan pengakuan dari Kemendikbudristek. Setelah memperoleh hibah pada program P2MW, ketiga gagasan bisnis tersebut akan dibawa ke pameran tingkat nasional di Kendari,” ungkap Prof Ishak Hasan

Dirinya merasa bangga, bahwa mahasiswa UTU mampu bersaing dan mendapatkan perhatian serta pengakuan dari Kemendikbudristek. “Ini adalah pengalaman yang berharga. Kita berharap semua tim dapat  memaksimalkan kesempatan KMI Awarda 2024 ini sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan Universitas Teuku Umar dikancah nasional,” pungkas Rektor

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, H. Ibrahim Laweung, SKM., M.NSc menyambut positif atas capaian prestasi ini. “Alhamdulillah capaian ini menambah daftar mahasiswa UTU yang berprestasi dan mengharumkan nama UTU di tingkat nasional tahun 2024,” jelas Ibrahim

Ia menambahkan bahwa pencapaian tersebut merupakan hasil kolaborasi yang baik antara pimpinan Universitas, Koordinator Pusat PKM, bagian kemahasiswaan, para dosen pendamping dan mahasiswa yang terus menggelorakan semangat kompetisi dan budaya prestasi di lingkungan kampus.

Ibrahim berharap, semoga dengan diberikannya amanat dan kepercayaan kepada tiga kelompok mahasiswa UTU dari Kemendikbudristek, diharapkan dapat memberikan dorongan semangat dan motivasi lagi bagi mahasiswa dan mahasiswi UTU lainnya untuk memiliki usaha atau berwirausaha.

“Semoga, dengan lolosnya tiga kelompok ini menambah motivasi dan semangat lagi bagi mahasiswa dan mahasiswi UTU untuk berwirausaha dan dinyatakan lolos pada program P2MW atau program – program lainnya yang digagas oleh Kementerian,” pungkasnya penuh harap.

Sementara Koordinator Pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Teuku Umar, Yarmaliza, SKM., M.Si  menyebutkan bahwa pada tahun 2024 ini, UTU telah berhasil  memenangkan pendanaan P2MW sebanyak 15 proposal, dalam prosesnya telah melakukan monev internal dan memberikan support system terhadap ke-15 tim yang memperoleh pendanaan tersebut.

“Alhamdulillah dari 15 tim P2MW yang mendapatkan pendanaan tahun ini, tiga tim berhasil lolos menjadi peserta KMI Award 2024,” kata Yarmaliza

Dijelaskan Yarmaliza, untuk tahun 2024 ini terjadi peningkatan dari segi jumlah proposal yang lolos yaitu 15 tim dari 8 tim di tahun 2023 lalu. “sementara tim yang lolos ke KMI Award 2024 sebanyak 3 tim, meningkat dari 2 tim di tahun 2023 lalu,” kata Yarmaliza

“Ini adalah pemberian award kali ketiga. Sebelumnya sudah pernah kita ikuti di UPN Veteran Jatim dan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja-Bali. Kali ini, Insya Allah kita akan berangkat KMI award 2024 yang diselenggarakan di Universitas Halu Oleo, Kendari,” ujar Yarmaliza

Ia berharap, ke depannya mahasiswa yang mendapatkan award bisa melanjutkan usahanya sehingga bisa menjadi motivasi untuk mahasiswa lainnya. “Semoga ini memotivasi adik tingkat untuk juga bersemangat membangun usaha bahkan berwirausaha, mengikuti berbagai kompetisi dan pendanaan hibah yang dilaksanakan oleh Ristekdikti sebagai bagian dari pembelajaran MBKM bahkan lebih lanjut menjadi usaha yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).