Meulaboh – UTU | Mentari pagi menyapa Kampus Universitas Teuku Umar (UTU) dengan sinarnya yang hangat. Pukul 10.00 WIB, suasana kampus mulai ramai dengan aktivitas mahasiswa. Di antara lalu lalang langkah kaki, terlihat Ulfa Destari, mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi berjalan menuju Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT) U2A. Tote bag tersampir di bahunya. Sebuah map merah tergenggam erat di tangannya.

Setelah memarkirkan sepeda motornya, Ulfa melangkahkan kaki menuju sebuah sudut di sisi kiri depan gedung, tak jauh dari pintu masuk. Di sanalah Unit Layanan Terpadu (ULT) UTU berada. Sebuah meja layanan dengan kombinasi warna kuning dan biru – identitas kebanggaan UTU – tampak dijaga oleh empat petugas yang sigap di depan komputer mereka.

Hari itu, antrian mahasiswa tidak terlalu panjang, dan Ulfa menjadi salah satu yang datang dengan keperluan khusus. Ia hendak mengurus surat tugasnya sebagai perwakilan UKM Green Agent UTU dalam ajang bergengsi National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM) di Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Kehadiran ULT di UTU bukan tanpa alasan. Menurut Zulfirman, S.E., M.Si. Kepala Biro Perencanaan Keuangan dan Umum (PKU) UTU, ULT hadir sebagai jawaban atas kebutuhan mahasiswa akan layanan yang lebih efisien dan terpusat. “Sebelumnya, mahasiswa harus mendatangi berbagai biro atau bagian untuk mengurus keperluan administrasi. Ini tentu memakan waktu dan tenaga. Dengan adanya ULT, semua layanan penting bagi mahasiswa dapat diakses dalam satu tempat,” ungkap Zulfirman.

Manfaat ULT bagi mahasiswa pun sangat dirasakan. Mahasiswa tidak perlu lagi bingung harus ke mana untuk mengurus surat keterangan aktif, transkrip nilai, legalisir ijazah, atau keperluan lainnya. “Semua sudah terintegrasi di ULT,” lanjut Zulfirman.

Keberadaan ULT semakin diperkuat dengan peresmiannya pada 21 Juli 2022 oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si. Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Kepala UPTD Wilayah XII Badan Pengelola Keuangan Aceh, Saifuddin, serta jajaran pimpinan UTU lainnya.

Ilham, S.Pd.I, selaku Ketua Tim Unit Layanan Terpadu (ULT) UTU menjelaskan lebih lanjut mengenai tugas dan fungsi unit yang dipimpinnya. “ULT berfungsi sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan administrasi akademik dan umum kepada mahasiswa. Kami melayani berbagai keperluan, mulai dari pengurusan surat-menyurat, informasi akademik, hingga layanan terkait keuangan,” jelas Ilham.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, ULT menerapkan beberapa strategi. “Kami berupaya memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan ramah. Selain itu, kami juga terus berinovasi dalam sistem pelayanan agar semakin memudahkan mahasiswa,” tambah Ilham. ULT melayani mahasiswa setiap hari kerja mulai pukul 08.00 hingga 16.45 WIB.

Pengalaman Ulfa Destari menjadi salah satu bukti nyata manfaat kehadiran ULT. Tak lama setelah mengambil nomor antrian, namanya dipanggil. Dengan ramah, petugas ULT mendengarkan keperluannya dan segera memproses surat tugasnya. “Saya sangat terbantu dengan adanya ULT ini. Dulu, untuk mengurus surat seperti ini, saya harus pergi ke bagian kemahasiswaan yang letaknya cukup jauh dari fakultas saya. Sekarang, semua bisa diurus di satu tempat. Sangat efisien,” ujar Ulfa dengan nada puas.

Menurut Ulfa, ULT tidak hanya memangkas waktu dan tenaga, tetapi juga memberikan kemudahan karena informasi dan layanan terpusat. “Petugasnya juga sangat membantu dan informatif. Mereka menjelaskan setiap proses dengan jelas,” tambahnya.

Kehadiran ULT di UTU menjadi angin segar bagi mahasiswa dalam mengurus berbagai keperluan administrasi. Meskipun demikian, harapan untuk peningkatan layanan ULT terus digaungkan. Dengan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan, diharapkan ULT dapat menjadi unit yang semakin diandalkan dan berkontribusi positif terhadap kelancaran studi mahasiswa Universitas Teuku Umar. [Humas]

Teks: Zul Eman | Foto: Luki & Zul Eman.