MEULABOHUTU | Satuan Tugas Pecegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Teuku Umar menggelar Sosialisasi terkait pencegahan dan penanganan kekerasan seksual khusus untuk Security, Cleaning Srvice, pengurus dan mahasiswi Rusunawa Lingkup UTU. 

Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda dari kegiatan Roadshow Satgas PPKS lingkup UTU 2024 dengan Tema “Menjalin Relasi yang Sehat dan Kuat”, yang bertempat di Aula Cut Nyak Dhien, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Kamis (30/5/2024).

Acara sosialisasi dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni H. Ibrahim HS, SKM., M.NSc. Dalam sambutannya, Warek III meminta Satgas PPKS segera untuk melakukan kegiatan diperluas dluar kampus yaitu di kabupaten-kabupaten di Provinsi Aceh karena sosialisasi ini sangat penting untuk warga kampus dan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Wakil Rektor III juga memberikan materi mengenai perilaku budaya seksual ditinjau dari etika dan agama, beliau menjelaskan HIV-AIDS yang kerap terjadi diThailan dan bahkan juga diIndonesia karena akibat pergaulan bebas.

Ketua Satgas PPKS UTU, Rita Hartati, S.Pd., M.Pd menyebutkan untuk kegiatan hari ini yang diundang adalah Security, Cleaning Service, pengurus dan mahasiswi Rusunawa Lingkup UTU. “Sehingga dalam kesempatan ini kami mengandeng Ketua Security, Cleaning Srvice dan Pengurus untuk ikut serta dalam penandatangan pakta integritas dalam mendukung pencegahan dan penanganan kekerasan seksual,” jelasnya

Sebanyak kurang lebih 150 peserta hadir untuk menyimak materi sosialisasi yang menjabarkan mengenai ragam tindak kekerasan seksual, pencegahan dan penanganannya dengan bantuan SATGAS PPKS UTU. 

Lanjutnya, sosialisasi tersebut dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di Perguruan Tinggi, “karena bapak Ibulah yang  berada digaris paling depan untuk dapat mendeteksi kekerasan seksual di titik-titik yang tidak dapat tercapai oleh kami” terangnya. 

Nara sumber lainnya pada sosialisasi tersebut adalah  Irsadi Aristora, S.Hut, M.Hum dari unsur dosen sekaligus sebagai sekretaris Satgas PPKS. Irsa Irsadi Aristora menyampaikan tentang cara mencegah dan penanganan kekerasan seksual dilingkungan kampus. “Kami berharap kerjasama kita semua dalam penanganan dan pencegahan kekerasan seksual, supaya lingkungan kampus terhindar dari tindakan tersebut,” harap Irsadi.

Kemudian Irsadi juga menjelaskan jangan enggan untuk melapor ketika melihat atau mengalami kekerasan seksual, kerahasian tetap terjaga di Satgas PPKS UTU. “untuk mewujudkan kampus yang merdeka dan bebas dari ancaman-ancaman, perlu kontribusi atau kerja sama dari bapak ibu semua” pungkas Irsadi. (Humas UTU).