MEULABOHUTU | Selasa, 5 Maret 2024 Satuan Tugas  Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Teuku Umar menggelar Sosialisasi terkait pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda dari kegiatan Roadshow Satgas PPKS Goes To Faculty 2024 dengan Tema “Menjalin Relasi yang Sehat dan Kuat”, yang bertempat di Aula Iskandar Muda GKT Gedung C.

Dalam hal ini peserta yang diundang jajaran pengurus DPM, BEM, dan HMJ serta jajaran Katua Jurusan, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut juga turut dilaksanakan penandatanganan pakta integritas bersama PEMA FISIP  dalam mendukung pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan FISIP.

Pakta Integritas tersebut harus ditanda tangani oleh semua Ormawa lingkup UTU guna untuk mendukung Satgas PPKS. Jumlah peserta yang berhadir melebihi target yaitu 150 peserta.

Acara sosialisasi dibuka secara resmi oleh Ketua Satgas PPKS UTU, Rita Hartati, S.Pd., M.Pd, dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa sosialisasi ini sebagai upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di Perguruan Tinggi, dan mengajak semua unsur dalam hal ini warga kampus untuk berani speak up, dan harus berani melapor ketika melihat dan mengalami kekerasan seksual.

Harapannya dengan apa yang disampaikan oleh Pemateri yaitu TIM satgas nantinya dapat memberikan pencerahan bagi semua yang hadir disini, membantu satgas PPKS untuk mengidentifikasi melakukan program-program terkait pencegahan dan penanganan kekerasan seksual.

Nara sumber pada acara ini yaitu Tim Satgas PPKS sendiri, yaitu Irsadi Aristora, S.Hut, HM dari unsur dosen sekaligus sebagai sekretaris Satgas PPKS, dari unsur Tendik Arif Herdianto SE, dan dari Unsur Mahasiswa yaitu Salsabila, dari ketiga pemateri tersebut mereka menyampaikan dan memperkenalkan kekerasan seksual, cara pencegahan dan penangan, pelaporan sampai dengan call Center Satgas PPKS.

Salah satu audiens Azhari salah dari Tendik FISIP memberi apresiasi atas dilaksanakan sosialisasi ini oleh PPKS UTU. “Kami dari Tendik FISIP membuka ruang pengaduan terkait isu kekerasan seksual bila adek-adek tak berani melaporkan ke satgas bisa lapor ke kami Tendik atau BEM FISIP, sama seperti satgas PPKS kita siap menjaga kerahasiaan semua pelapor dan saksi sebagaimana disampaikan oleh pemateri kita pak Irsadi Aristora sekertaris PPKS UTU”.

Senada dengan itu, Ketua Jurusan Prodi Ilmu Hukum, Dr Nouvan Maulian juga memberikan apresiasi dengan PPKS UTU atas sosialisasi ini bahkan berharap proses pelaporan yang dilaporkan dapat segera gerak cepat ditangani PPKS dengan maksimal. Diringi delapan orang penanya lain nya yang antusiasme dari mahasiswi yang menjadi peserta yang ikut sosialisasi dari FISIP. (Humas UTU).