MEULABOHUTU | Puluhan mahasiswa dari School of Materials Anda Mineral Resurces Engineering, Universitas Sains Malaysia (USM) dan mahasiswa  Teknik Pertambangan Univeristas Syiah Kuala (USK), PERHAPI (Persatuan Ahli Pertambangan Indonesia) beserta perwakilan dari PT. MIFA Bersaudara mengunjungi Universitas Teuku Umar pada Selasa, 14 Mei 2024.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka kegiatan Summer School mahasiswa USM dan USK. Dalam kunjungan ini perwakilan mahasiswa dan dosen yang mendampingi kegiatan Summer School diterima oleh Dekan Fakultas  Teknik Universitas Teuku Umar Dr. Ir. Irwansyah, S.T.,M.T. IPM yang didampingi oleh Tim Korpus Hubungan Internasional LPPM UTU.

Dekan FT dalam sambutannya menyampaikan bahwa UTU sangat mengapresiasi kunjungan ini, dimana dengan kunjungan ini nantinya dapat terjalin relasi atau kerjasama baik dari bidang keteknikan secara khusus maupun bidang tri dharma lainnya antara Universitas maupun Fakultas.

Dalam kegiatan tersebut juga adanya sharing session antar dosen dan mahasiswa. Dosen yang mendampingi mahasiswa terdiri dari Ir. T. Zulfikar MT, Ir. Pocut Nurul Alam, MT., Izzan Nur Aslam, S.T.,M.Eng dan Febi Mutia, ST.,M.Si dari USK,  Sekretaris Jendral (Sekjen) Perhapi Aceh, Muhammad Hardi, sedangkan dosen yang mendapingi dari School of Materials Anda Mineral Resurces Engineering, Universitas Sains Malaysia (USM) terdiri dari Dr. Suhaina Ismail, TS Dr Ku Esyra Hani Binti Ku Ishak, Dr. Nurul ‘Ain Jabit dan Dr. M. Irman Khalif Bin Ahmad Aminuddin.

Dr. Nurul ‘Ain Jabit dan  Izzan Nur Aslam, S.T.,M.Eng menyampaikan bahwa senang dapat berkunjung ke Universitas Teuku Umar dan emngucapkan terimakasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Universitas Teuku Umar, dan mengharapkan akan adanya jalinan kerjasama diberbagai bidang baik antar universitas maupun fakultas nantinya.

Ir. T. Zulfikar MT selaku dosen senior Teknik Pertambangan USK dan Praktisi yang memiliki beragam pengalaman di dunia pertambangan khususnya di Provinsi Aceh, menyampaikan kepada mahasiswa apa yang diperoleh dengan kegiatan ini dan bagaimana dengan minat bidang mereka.

Salah seorang mahasiswa dari School of Materials Anda Mineral Resurces Engineering menyatakan bahwa senang dengan adanya kegiatan summer school, selain menambah teman dapat pula memperoleh  pengalaman langsung di lapangan kepada mereka. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, dengan kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat kepada mereka. Dan bidang minatnya lebih kepada teknik blasting atau peledakan.

Kegiatan di Meulaboh selama 2 (dua) hari kedepan akan didampingi oleh PT MIFA bersaudara yang merupakan anak perusahaan dari PT Media Djaya Bersama yang mengelola industri batubara di Aceh, dalam rangka meningkatkan potensi akademik dan pengetahuan praktik lapangan mahasiswa pertambangan melalui penerapan good mining practice. (Humas UTU).