MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar mengadakan pertemuan bersama pimpinan prodi dan tim research bootcamp FT dalam kegiatan “Closing Research Bootcamp FT-UTU: Strategi Percepatan Penyelarasan Tugas Akhir Mahasiswa Fakultas Teknik”. Kegiatan ini dilakukan di Ruang Rapat Senat, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU pada Rabu, 31 Juli 2024.

Lulus tetap waktu memiliki arti mahasiswa menyelesaikan semua syarat akademik dalam meraih gelar sarjana (S1) dalam waktu yang telah direncanakan 4 (empat) tahun. Dalam syarat akademik, salah satunya adalah menyelesaikan skripsi/tugas akhir. Namun dalam menyelasaikan tulisan tugas akhir, masih banyak kendala yang dihadapi mahasiswa.

Dengan kondisi tersebut, Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. Irwansyah , S.T.,M.Eng., IPM menginisiasi adanya kegiatan research bootcamp bagi Fakultas Teknik UTU. Tim bootcamp FT telah berjalan selama lebih kurang 2 (dua) bulan dan bekerjasama dengan pembimbing tugas akhir mahasiswa, dimana keduanya berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan mahasiswa akhir dalam menulis proposal penelitian dan tugas akhir dengan baik dan dapat selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan.

“Kegiatan hari ini sebagai bentuk evaluasi research bootcamp yang telah dilakukan di masing-masing prodi, sehingga dapat diperoleh gambaran perbaikan untuk peningkatan kegiatan bootcamp selanjutnya” imbuh Dekan FT.

Ketua prodi di lingkup FT-UTU menyampaikan bahwa kegiatan research bootcamp ini sangat penting dan memberi dampak positif, dimana setiap prodi dapat memotret permasalahan dan perkembangan mahasiswa dari mulai kesulitan menemukan ide penelitian yang inovatif, sulit menyusun latar belakang, sulit menulis sitasi dengan bantuan Mendeley atau Zotero, sulit melakukan teknik paraphrase dan hal lainnya.

Dengan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menyususn proposal dan tugas akhir serta karya tulis ilmiah, maka diharapkan jumlah lulusan Fakultas Teknik yang lulus tepat waktu dapat meningkat dari waktu ke waktu. Pun begitu dengan reputasi Fakultas Teknik yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas serta siap di dunia kerja

Diperoleh beberapa kesimpulan untuk mempercepat penyelesaian tugas akhir mahasiswa, diantaranya:

  1. Komunikasi Efektif: dimana ahasiswa harus aktif bertanya dan tidak malu mengakui jika tidak memahami sesuatu. Pembimbing perlu memantau dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi mahasiswa.
  2. Manajemen Waktu dan Konsistensi: Mahasiswa harus mengatur waktu dengan baik, tidak menunda pekerjaan, dan konsisten dengan target yang ditetapkan. Pembimbing perlu membuat target yang jelas untuk setiap tahap penyelesaian TGA dalam setiap bulan.
  3. Fasilitas dan Administrasi: Prodi harus menyediakan fasilitas yang memadai dan mempermudah administrasi mahasiswa tingkat akhir.
  4. Mengusulkan Penunjukkan Pembimbing semenjak Semester 6: penunjukan pembimbing lebih awal bagi mahasiswa untuk mempermudah mahasiswa menyusun proposal lebih cepat, sehingga memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir tepat waktu.
  5. Pelaksanaan Berbagai Pelatihan Penunjang TGA: kegiatan meliputi : Software Manajemen Referensi, Teknik Parafrase dari kutipan sitasi dan referensi, Teknik membahas hasil penelitian, dan sosialisasi panduan TGA terbaru untuk semester berikutnya.

Bila kita mampu mengendalikan secara bersama-sama, maka kesenjangan pemahaman antar mahasiswa, pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan menulis proposal dan tugas akhir serta hal lainnya dapat di atasi serta penyelesaian studi mahasiswa dapat lebih efisien dan tepat waktu. Selain itu penelitian atau karya ilmiah mahasiswa dapat berkualitas dan dapat berkontribusi positif dalam keilmuan dan dapat digunakan oleh masyarakat. (Humas UTU).