MEULABOHUTU | Proses penyusunan dokumen Transformasi Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum Universitas Teuku Umar telah memasuki tahapan terakhir, ditandai dengan kegiatan penyerahan Dokumen PTN BLU UTU dari tim penyusun dokumen yaitu Universitas Syiah Kuala (USK) selaku Universitas pendamping kepada pimpinan Universitas Teuku Umar.

Dokumen tersebut diserahkan langsung oleh Rektor USK Prof. Dr. Marwan yang diterima oleh Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si. Kegiatan tersebut dilaksanan sesuai kegiatan FGD Finalisasi dokumen BLU UTU yang berlangsung di The Pade Hotel, Aceh Besar, Minggu (4/8/2024).

Turut hadir dari Universitas Teuku Umar Wakil Rektor II Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd, Wakil Rektor III H. Ibrahim Laweung HS, AMK., SKM., MNSc, Kabiro Umum dan Keuangan, Zulfirman, SE., M.Si, Kabiro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama Rinaldi Iswan, ST., M.Sc dan sejumlah pejabat lainnya.

Sementara tim penyusun dokumen dari USK hadir Kepala Kantor Audit Internal USK Prof Dr.Ir, Suhendrayatna M.Eng selaku ketua tim, Prof. Dr. Taufiq S, M.Eng selaku anggota dan tim lainnya.

Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Rektor USK Prof Marwan beserta tim penyusun dokumen transformasi peningkatan status UTU menuju PTN-BLU.

“Dengan telah selesainya proses pendampingan dan penguatan yang diberikan oleh tim USK, kita harapkan proses transformasi UTU menjadi PTN BLU segera terwujud.” Kata Prof Ishak

Kita juga berharap seluruh dosen dan tenaga kependidikan di UTU memiliki kesamaan pandangan serta tekat untuk mewujudkan Universitas Teuku Umar sebagai kampus yang unggul dan berdaya saing.

“Kita menargetkan di tahun 2024 ini UTU bisa bertransformasi menjadi PTN BLU dan akan meningkatkan pelayanan Tridharma kepada Masyarakat,” pungkas Prof Ishak Hasan

Sementara Prof. Marwan dalam sambutannya menyebutkan bahwa UTU memiliki sumberdaya yang mumpuni, baik dosen maupun  staf tendik yang luar biasa gesit dan meyakini apa yang sedang diperjuangkan akan segera terwujud.

Prof. Marwan juga mengatakan bahwa perubahan UTU  menjadi PTN BLU merupakan sebuah keharusan. Beliau menambahkan bahwa jika nanti UTU menjadi PTN BLU akan membuat UTU menjadi lebih lincah bergerak terutama dalam tata kelola keuangan dan mendapatkan sumber pendanaan diluar uang kuliah tunggal (UKT).

Diakhir sambutannya ia berpesan agar setiap pendapatan yang didapat nanti harus dimasukan ke dalam daftar tarif layanan BLU yang ada di Kampus UTU.

“Insya Allah target kita 26 Agustus 2024 nanti proposal perubahan transformasi UTU menjadi PTN BLU dapat kita submit,” pungkasnya. (Aduwina Pakeh).