MEULABOH, UTU – Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si, melakukan monitoring dan evaluasi (monev) mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beberapa lokasi dalam Wilayah Kabupaten Aceh Tengah, selama tiga hari, 27-30 Juli 2023.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler angkatan XX Tahun 2023 ini fokus pada usaha memberikan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah dalam memerangi kasus stunting. Kegiatan KKN tersebut telah berlangsung sejak 10 Juli 2023 lalu.

Selama melakukan Monev, Rektor Dr. Ishak Hasan turut didampingi Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP –UTU) serta dosen pembimbing lapangan. Sementara para pimpinan UTU lainnya melakukan monev di lokasi berbeda.

Saat melakukan Monev di desa Atu Lintang dan Desa Serule, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah, Rektor Dr. Ishak Hasan mengingatkan mahasiswa yang sedang melakukan KKN agar menjaga nama baik almamater. “Tunjukkan sikap dan perilaku mulia. Anda selaku insan kampus, pengaruhilah dan ajaklah masyarakat atau orang lain dalam hal kebaikan”, begitu antara lain pesan Dr. Ishak Hasan

Dalam kesempatan itu, Dr. Ishak Hasan juga berharap kepada mahasiswa KKN harus berperan aktif dalam upaya membangun komunikasi dan memberi pemahaman kepada masyarakat dalam meningkatkan kesadaran terhadap bahaya stunting. “berilah pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya asupan gizi yang cukup, pola makan yang teratur, khususnya kepada para ibu hamil agar terhindar dari kelahiran stunting.” Ujar Dr. Ishak Hasan

Lanjutnya kehadiran mahasiswa KKN UTU ini menjadi bentuk dari hubungan kerja sama UTU dan pemda Aceh Tengah. Mulai dari peningkatan kapasitas masyarakat, peningkatan sumber daya manusia, hingga berbagi ilmu untuk masyarakat. ”Apa yang kita lakukan memberikan  pengaruh yang baik dalam segi  SDM dan ilmu pengetahuan,” pungkasnya.

Hadir juga pada acara monev tersebut yaitu para peserta KKN di 2 desa, Para Keuchik. Turut hadir pada kegiatan tersebut Dosen Pendamping Lapangan yaitu Nurhaslita Sari, M.A.P

Korpus KKN dan Magang, Teungku Nih Farisni, SKM., M.Kes menjelaskan, Monev KKN reguler dilakukan dalam 10 kecamatan dalam kabupaten Aceh Tengah.

Dalam berita sebelumnya, disebutkan sebanyak 728 mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Teuku Umar  melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kabupaten Aceh Tengah. Ratusan mahasiswa itu akan mengabdikan diri di ratusan desa di Aceh Tengah selama 30 hari atau sejak 10 Juli hingga 10 Agustus 2023.

Kegiatan KKN ini mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat dan dapat mengembangkan dengan menerapkan pengetahuan akademik. Keberhasilan program kegiatan diukur dari sejauhmana mahasiswa memberi kontribusi salah satunya terhadap penanganan pencegahan stunting dalam masyarakat, mencari alternatif solusi, melakukan sosialisasi, komunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk merealisasi solusi yang dipilih. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).