MEULABOH – UTU| Universitas Teuku Umar (UTU) menerima penyerahan arsip vital berupa tulisan tangan notasi mars dan himne UTU. Notasi lagu mars dan himne UTU diserahkan oleh keluarga Amiruddin Ali, selaku penggubah lagu, Sabtu, 17 Agustus 2024. Rektor UTU, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si. bertindak mewakili UTU menerima penyerahan arsip vital tersebut.

Dalam sambutannya, Prof. Ishak mengatakan sangat senang dan bahagia telah menerima catatan tangan asli yang berisikan notasi-notasi mars dan himne UTU. “Ini adalah catatan sejarah yang sangat penting. Mars dan himne adalah identitas UTU. Kita terus mengulang-ulang setiap dies natalis dan wisuda. Tapi hari ini kita berterima kasih telah menerima catatan tangan asli Bapak Amiruddin Ali,” ujar Prof. Ishak.

Ditemui ditempat terpisah, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Universitas Teuku Umar, Zulfirman, SE., M.Si. kepada Humas UTU menyampaikan bahwa tulisan tangan notasi lagu mars dan himne UTU ini akan disimpan sebagai arsip vital. “Sebagai arsip vital, tulisan notasi lagu ini akan disimpan dan dijaga sebaik mungkin di dalam sekretariat arsip UTU,” imbuh Zulfirman.

Dikutip dari Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dinyatakan bahwa arsip vital merupakan arsip yang keberadaannya merupakan persyaratan dasar bagi kelangsungan operasional pencipta arsip, tidak dapat diperbarui, dan tidak tergantikan apabila rusak atau hilang.

Sebagaimana diketahui, mars dan himne UTU menjadi bagian statuta UTU berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 71 Tahun 2016. Dalam gubahannya, Mars UTU berisikan bait-bait semangat yang menggambarkan letak, suasana, serta cita-cita mulia Universitas Teuku Umar. Sedangkan Himne UTU menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas karunia Tuhan terhadap keberadaan dan eksistensi Universitas Teuku Umar sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Provinsi Aceh.

“Dengan menyelamatkan arsip, berarti kita sedang menjaga sejarah,” tutup Prof. Ishak.

Selain penyerahan arsip vital berupa catatan tangan notasi lagu mars dan himne UTU, juga dilakukan penyerahan arsip inaktif dari Bagian Hukum dan Perundang-Undangan UTU serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Momentum penyerahan arsip vital dan inaktif ini merupakan bagian dari program tata kelola arsip UTU. (Humas UTU| Photo by Luki)