MEULABOHUTU | Rektor Universitas Teuku Umar, Prof Dr Ishak Hasan, M.Si dan Manager Rumah Amal UTU (RATU) Ismu Ridha, S.Th., M.A., Ph.D turut serta dalam perhelatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) 2024, yang diselenggarakan di Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat, pada Minggu, (21/07/2024).

Keduanya didaulat sebagai Narasumber yang  masing-masing menyampaikan materi tentang sejarah dan laporan kegiatan RATU tahun 2021-2023 serta “Rumah Amal in Action Plan”.

Dalam agenda Nasional AMKI tersebut, selain UTU, ada sejumlah narasumber lainnya dari kampus ternama di Indonesia seperti ITB, USK, UNNES, UII, IPB University, YPI Al-Azhar. Berikutnya turut hadir menyampaikan materi Deputi Sekjen waqaf, DPP APDSI dan Ketua Umum BKSPTIS

Rakernas AMKI 2024 turut mendatangkan Jusuf Kalla sebagai narasumber, yang merupakan mantan Wakil Presiden dua periode dan sekaligus ketua Dewan Masjid Indonesia yang mengharapkan agar masjid bisa saling bersinergi dan memakmurkan.

Kegiatan nasional itu di ikuti oleh 266 orang yang terdiri dari 83 mahasiswa dan 183 dosen, dari 110 kampus yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 21-22 Juli 2024 dengan berbagai rangkaian kegiatan acara yang meliputi sesi pembelajaran dari Rumah Amal, diskusi dan dilanjutkan acara milad AMKI ke 20 dengan mengangkat tema Peran masjid kampus dalam Memakmurkan Warga Kampus dan Warga Sekitarnya.

Dalam sesi tersebut, Prof Ishak memperkenalkan lebih dalam tentang Rumah Amal UTU yang telah melaksanakan berbagai gebrakan positif, baik dalam hal penguatan kelembagaan seperti konsultasi dan aktif membangun kemitraan dengan sejumlah lembaga rumah amal yang sudah mandiri.

Selain itu RATU juga dinilai telah berhasil merealisasikan sejumlah program kerja yang telah disusun seperti memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa yang bermasalah dari segi keuangan.

“RATU hadir untuk membantu kesulitan yang dihadapi oleh sebahagian mahasiswa, juga untuk membantu masyarakat sekitar dengan program-program sosial kemanusiaan. Sehingga kehadiran UTU diharapkan menjadi keberkahan bagi semuanya,” jelas Rektor Prof Ishak

Selanjutnya Prof Ishak juga menyampaikan tujuan dibentuknya Rumah Amal UTU untuk menjadikan masjid sebagai pusat pemberdayaan ekonomi umat, mendayagunakan dana zakat, infaq shadaqah maupun wakaf melalui program-program yang terasa manfaatnya, Mengangkat martabat mustahik, dan membahagiakan muzakki dan donatur.

Kegiatan Rakernas AMKI 2024 disambut secara antusias oleh para peserta, semoga kegiatan rakernas AMKI 2024 ini bisa membawa kebaikan-kebaikan di masa yang akan datang. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).