MEULABOH – UTU | Sebanyak 6 dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar mengikuti sertifikasi kompetensi (Serkom) di dua LSP yaitu LSP Public Relation Indonesia pada 26 Juli-31 Juli 2024 dan LSP3 Manajemen Komunikasi pada 31 Juli – 2Agustus 2024.

Keenam dosen Prodi Ilmu Komunikasi tersebut yaitu Dony Arung Triantoro, M.A dan Futri Syam, M.Pd yang mengambil skema double tittle Certified PR (CPR) dan Certified Communication Management (CCM), Hj. Rizky Amalia Syahrani, M.Sos, Ainal Fitri, M.I.Kom, dan Raudhatun Nafisah, M.Ag mengambil skema senior media relations officer dan Fathayatul Husna, M.A mengambil skema public relations coordinator.

Tahapan serkom ini meliputi pengisian portofolio APL 01 dan APL 02, pelatihan, uji kompetensi, dan penerbitan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dalam skema senior media relations officer dan skema public relations coordinator, materi yang diujikan meliputi pemahaman tentang merancang analisis media digital, konten media digital, pelaksanaan media relations, menyusun rencana program komunikasi kehumasan, publikasi umum, dan menyusun naskah kehumasan.

Sedangkan dalam skema CPR dan CCM materi yang diujikan meliputi komunikasi bisnis, komunikasi krisis dan risiko, komunikasi internal, manajemen reputasi, audit komunikasi, dan komunikasi antar budaya. Serkom ini sangat penting bagi peningkatan nilai IKU Prodi khususnya IKU 4.

Rizky Amalia Syahrani, selaku ketua tim PKKM Prodi Ilmu Komunikasi kepada utu.ac.id menyebutkan bahwa ujian sertifikasi yang digelar selama beberapa hari tersebut diawali dengan pengisian portofolio dalam APL 01 dan APL 02, serta tes kompetensi yang dilakukan oleh para asesor BNSP.

“Alhamdulillah keenam dosen Prodi Ilmu Komunikasi telah mengikuti ujian kompetensi dan semuanya mendapatkan predikat “Kompeten” serta dua dosen (Dony Arung Triantoro dan Futri Syam) memperoleh double tittle yaitu CPR dan CCM,” kata Rizky Amalia Syahrani.

Sebagai informasi bahwa kegiatan Serkom ini merupakan salah satu aktivitas dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Program Studi Ilmu Komunikasi yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

PKKM pada skema ini bertujuan untuk meningkatkan mutu, relevansi dan inovasi prodi untuk merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mendukung capaian IKU PT serta pengembangan SDM di perguruan tinggi. Selain itu, pengembangan SDM juga berguna untuk mendukung capaian akreditasi UTU menuju peringkat unggul. (Humas UTU).