MEULABOHUTU | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat menggelar sosialisasi dan nonton bareng (Nobar) film “Kejarlah Janji” dengan agenda KPU Goes To Campus di Universitas Teuku Umar, Sabtu (28/10/2023). Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa Universitas Teuku Umar khususnya dari Program Studi Sosiologi.

Kaprodi Sosiologi Universitas Teuku Umar, Dr. Akmal Saputra, MA mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan KPU Goes To Campus ini.

Menurutnya, kegiatan seperti ini memang rutin dilakukan UTU di setiap Sabtu, sebagai upaya memberikan muatan tambahan untuk para mahasiswa. Biasanya di hari Sabtu diisi dengan kegiatan P3AI.

“Jadi mahasiswa UTU tidak hanya mendapatkan ilmu dari kelas tetap juga kuliah umum. Bukan hanya materi keagamaan tetapi pendidikan politik,” ujarnya.

Oleh karena itu, Kampus UTU sangat mendukung program yang dilakukan KPU/KIP khususnya dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024.

“Seluruh mahasiswa harus menyalurkan suara, karena kalian sebagai pemilih muda yang akan menjadi penentu arah pembangunan Bangsa Indonesia,” ujarnya.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KIP Aceh Barat, Giyanto, SKM., M.Kes mengatakan, beriringan dengan hari Sumpah Pemuda, KPU menggelar nonton bareng film berjudul Kejarlah Janji.

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula atau usia muda dari kalangan mahasiswa.

“Satu suara sangat menentukan masa depan daerah, bangsa dan Negara. Tentukan hak pilih sesuai hati nurani serta datanglah ke TPS untuk memberi hak suara,” kata Giyanto.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Safriyanto, SKM, Ketua Divisi Sosialisasi KIP Aceh Barat, menindaklanjuti program KPU, KIP Aceh Barat menggelar nonton bareng di kampus-kampus dan pesantren-pesantren di Aceh Barat, termasuk di Universitas Teuku Umar.

Ketua KIP Aceh Barat Cici Darmayanti, M.Si mengatakan, film Kejarlah Janji karya sutradara Garin Nugroho merupakan film edukasi politik yang menyebarkan pesan agar masyarakat terutama generasi muda berpartisipasi pada pemilu 2024.

“Film yang diproduksi KPU ini memberi tiga pesan penting. Salah satunya adalah menjelaskan kepada para pemilih pemula untuk mempergunakan haknya pada pemilu tahun depan. Film ini juga mengajak kita semua untuk mewujudkan janji meraih sukses masa depan,” kata Cici

Ia mengatakan, nobar juga dimanfaatkan KIP melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2024 di Aceh Barat kepada para pemilih pemula di lingkungan kampus.

Menurutnya, generasi milenial harus memiliki kesadaran politik untuk menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara dengan berpartisipasi pada pesta demokrasi.

Jelang pelaksanaan pemilu, KPU terus gencarkan sosialisasi baik kepada pemilih pemula, kegiatan juga menyasar sejumlah kelompok masyarakat. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pada Pemilu, 14 Februari 2024 mendatang.

Turut hadir Komisioner KIP Aceh Barat lainnya, T. Novian Nukman, S.P dan Kasubbag Teknis Penyelenggara dan Hupmas KIP Aceh Barat, Andi Sayumitra, M.Si dan sejumlah dosen lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar.

Dalam kegiatan tersebut, turut dilakukan penandatanganan MoU Kerjasama antara Prodi Sosilogi UTU dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat. Kerjasama tersebut dalam bidang tridharma perguruan tinggi, khususnya dalam upaya Prguruan Tinggi mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 yang bersih, jujur dan adil. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).