MEULABOHUTU | Dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan 1445 H / 2024 M dan merajut silaturrahmi, Universitas Teuku Umar kembali menggelar dan membentuk tim untuk melakukan safari Ramadhan. Tim safari yang diterjunkan UTU untuk menyampaikan tausiyah Ramadhan dan bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar Kampus.

Untuk tahun 2024 ini, Tim Safari Ramadhan UTU akan melaksanakan kegiatan safari di 3 titik dalam kabupaten Aceh Barat Daya dan Kabupaten Aceh Selatan. Tim yang turun selama empat hari yaitu 21-24 Maret itu akan mengisi tausiah ramadhan pada 1 masjid di Kabupaten Abdya dan dua Masjid di Aceh Selatan.

Dalam safari ramadhan yang dipimpin oleh Ketua DKM Masjid Nurul ‘Ilmi UTU yang juga Ketua Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Aceh Tgk. Sulaiman, ST., M.T itu merupakan kegiatan rutin setiap tahun.

Tgk Sulaiman mengatakan, kegiatan safari ramadhan yang digelar lebih fokus pada isu pendidikan dan peribadatan. Menurutnya, selama kegiatan safari ramadhan pihaknya bersama rombongan akan mengirim penceramah dan imam pada setiap shalat tarawih ke masjid-masjid yang dipilih sebagai tempat safari.

Di Abdya, Masjid Agung Baitul Ghafur yang terletak di Gampong Seunaloh, Blangpidie menjadi titik fokus silaturahmi dan safari ramadhan dari tim UTU dengan penceramah diisi langsung oleh Tgk. Ir. Sulaiman Ali, ST., M.T dengan anggota tim Safari Burhanis, M.Si, Ainuddin, S.Kom, Tri Rudi Andicha, S.T; Mukhtaruddin, SE; Fazil Zuwanda, SE; Zul Eman, S.I.Kom, dan Farisa, ST.

Sementara di Kabupaten Aceh Selatan, masjid pertama tujuan Safari Ramadhan UTU adalah Masjid Apung An-Nur Tapaktuan. Di Masjid yang berdiri kokoh dibibir Samudra Hindia tersebut, UTU menugaskan Tgk. M. Nasir, S.Pd.I., MA sebagai penceramah yang turut didampingi anggota tim yaitu Said Alda Fauzan, S.P., M.P; Muhammad Edwar Effendy, SE serta tim support lainnya.

Dan di lokasi kedua yaitu di Masjid Baitul Makmur, Gampong Kuta Blang, Kecamatan Samadua. Tim Safari Ramadhan diisi oleh Imam Ustadz Samwil, MA dan Penceramah Dr. Ismu Ridha, M.A dengan didukung Aduwina Pakeh, S.Sos., M.Sc sebagai anggota tim serta disupport oleh tim tendik lainnya.

Sebagaimana diketahui, rangkaian kegiatan Safari Ramadhan yang dilaksanakan oleh UTU merupakan komitmen serta visi Universitas Teuku Umar dalam rangka bagian dari pengabdian masyarakat sebagaimana Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga keberadaan kampus UTU benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya di kawasan Barat Selatan Aceh.

Dalam setiap edisi Safari Ramadhan, dosen UTU yang ditugaskan sebagai penceramah turut menjelaskan tentang perkembangan Universitas Teuku Umar baik dari segi pembangunan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia maupun capaian prestasi yang diraih sehingga masyarakat Barsela mendapatkan informasi yang utuh tentang UTU yang kemudian memantapkan pilihan untuk menyekolahkan anaknya ke UTU. (Humas UTU).