MEULABOHUTU | Pusat Studi Ekowisata Syariah & Ekonomi Kreatif (Ekokraf) Universitas Teuku Umar turut dilibatkan dalam kegiatan pembekalan Duta Wisata Agam Inong Aceh Jaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin – Selasa, 22-23 Juli 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafpora) Kabupaten Aceh Jaya itu dalam rangka Pemilihan Duta wisata Agam Inong Aceh Jaya tahun 2024. Pusat Studi Ekokraf mengutus dua dosen yang berkompeten yaitu Dr. Izwar, S.Pd,I., M.Pd dan Dr. Ikhsan, M.I.P.

Dr. Izwar menyebutkan keberadaan Duta Wisata Kabupaten Aceh Jaya, sangat penting dalam memperkenalkan potensi destinasi wisata Aceh Jaya ke masyarakat global. “Kabupaten Aceh Jaya merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi destinasi pariwisata yang cukup besar, Keadaan geografis Aceh Jaya tidak jauh berbeda dengan daerah Barat Selatan Aceh lainnya, sebagian besar daerahnya merupakan daerah pesisir dengan luas wilayah 3,813 km² (BPS, 2013), dengan panjang garis pantai +- 160 km² (BPS, 2013),” sebut Dr. Izwar

Lanjutnha, bila dilihat dari luas kawasan pantai Aceh Jaya tersebut yang sebagian besar kawasan pantai, mempunyai daya tarik destinasi wisata untuk dikunjungi antara lain, Pantai Ceumara Teunom, Pulau Reusam. Pantai Calang, dll, Tempat-tempat yang tersebut merupakan beberapa kawasan pantai di Aceh Jaya yang mempunyai potensi untuk dijadikan kawasan ekowisata.

Kedua Pemateri menyampaikan ucapan terima kasih atas pelibatan Ekokraf UTU dalam kegiatan ini, sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas Agam Inong Pariwisata Aceh Jaya, sehingga tugas dan fungsi Duta Wisata Agam Inong Aceh Jaya sebagai promotor, inisiator dan educator benar-benar berperan secara optimal, ikut membantu pengembangan dan popular destinasi wisata di Kab Aceh Jaya. (Humas UTU).