MEULABOH – UTU | Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar baru saja mendapat kabar gembira, dengan lulusnya Dr. Joli Supardi ST., MT dalam sidang tertutup yang dilaksanakan di Program Doktor Ilmu Teknik Universitas Syiah Kuala, Senin (22/1/2024).

Kelulusan Dr. Joli Supardi menambah daftar dosen bergelar Doktor di program studi Teknik Mesin UTU, sekaligus memperkuat kualitas pendidikan di bidang tersebut.

Dr. Joli menyelesaikan studi doktoralnya di Universitas Syiah Kuala dengan disertasi berjudul “Pengembangan Ekstrak Tumbuhan Temiki (Melastoma Condidum) dan Rubik (Colotropis Giganteen)Sebagai Inhibitor Korosi Pada Baja Karbon Dalam Larutan Sodium Klorida”.

Hasil Penelitiannya di publikasi pada jurnal Internasional Bereputasi Q1. Temuan beliau berpotensi membawa pengembangan bagi agro and marine industri [dibidang material] sebagai salah satu bagian Ilmu yang ada di Teknik Mesin FT UTU.

Dekan FT UTU, Dr. Ir. Irwansyah, ST.M.Eng., IPM menyampaikan rasa bangganya atas capaian Dr. Joli Supardi, S.T.,M.T yaitu Dr. Teknik Mesin yang baru lulus. “Keberhasilan beliau meraih gelar doktor adalah bukti ketekunan dan kegigihan beliau dalam menuntut ilmu. Beliau juga menjadi inspirasi bagi seluruh dosen UTU untuk terus mengejar cita-cita meraih pendidikan setinggi-tingginya, terutama dalam hal penguatan SDM di institusi ,” ujar Dekan FT UTU.

Kaprodri Teknik Mesin Dr. Pribadyo, ST., MT, turut menyambut gembira kelulusan beliau. “Kelulusan beliau menambah kekuatan dosen doktor di program studi Teknik Mesin FT UTU, sehingga kualitas pendidikan dan penelitian kami semakin meningkat. Kepakaran beliau tentu akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam memahami ilmu teknik mesin dengan lebih mendalam,” ungkap Dr. Pribadyo, S.T., M.T.

Dr. Joli Supardi sendiri ketika dikonfirmasi oleh Humas UTU mengaku bersyukur atas pencapaiannya. “Meraih gelar doktor adalah impian sejak lama, dan saya bersyukur bisa mewujudkannya.

“Saya berterima kasih kepada keluarga, Promotor I Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN Eng, Promotor II Prof. Dr. Ir. Nurdin Ali., Dipl. Ing. Promotor III Dr. Ir. Syarial Fonna, ST., M.Sc., IPM. dan seluruh pihak yang telah mendukung saya selama studi,” tutur beliau.

Tak hanya kabar gembira bagi UTU, kelulusan beliau juga diharapkan berkontribusi bagi kemajuan dunia industri di Lingkungan Universitas Teuku Umar. Kepakaran beliau membuka peluang kolaborasi penelitian dan pengembangan teknologi bersama sektor swasta, sehingga berkontribusi pada peningkatan daya saing industri lokal. (Humas UTU).