MEULABOHUTU | Profesor dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Prof. Ir. Dr. Shahrum Abdullah menjadi pemateri dalam kegiatan kuliah umum dan Focus Discussion Group (FGD) di Universitas Teuku Umar. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Teuku Umar, Kampus UTU, Selasa (25/6/2024).

Kegiatan yang diprakasai oleh Fakultas Teknik UTU tersebut mengangkat tema “Strengthening World Research Collaboration and Industrial Competitiveness”. Prof Shahrum yang merupakan Guru Besar dari Departement of Mechanical and Manufacturing, UKM berbagi ilmu tentang Pentingnya menulis dan Publikasi Karya Ilmiah.

Rektor Universitas Teuku Umar dalam sambutannya yang diwakili oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, H. Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan waktu dan kesempatan Prof Shahrum untuk hadir ke Universitas Teuku Umar.

“Kegiatan ini penting sekali dilaksanakan, untuk dapat meningkatkan prestasi mahasiswa baik di bidang pendidikan penulisan karya ilmiah dan ekstrakurikuler serta bagi dosen untuk peningkatan penulisan dan publikasi karya tulis ilmiah ke tingkat internasional,” kata Ibrahim

Universitas Teuku umar juga berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan serupa yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para akademisi dan praktisi industri, serta berkontribusi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kegiatan kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan inspirasi bagi para peserta dalam mengembangkan penelitian yang berdampak positif bagi industri dan masyarakat. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat memperkuat jaringan kolaborasi internasional yang lebih luas,” harap Ibrahim.

Dalam penyampaian materinya, Prof Shahrum Abdullah menyebutkan sejumlah manfaat penting dari menulis dan Publikasi Karya Ilmiah, diantaranya untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam bidang studi masing-masing, kemudian untuk memperkuat portofolio akademik dan peluang untuk mendapatkan beasiswa atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Kemudian dalam penulisan dan publikasi karya ilmiah juga mempunyai Strategi, yaitu menetapkan tujuan yg jelas dan mencari bimbingan dan mentor dalam penulisan karya ilmiah.

Kegiatan kuliah umum tersebut disambut antusias oleh para peserta baik dosen maupun mahasiswa, hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM, Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Hamdi Harmen, M.Si, Dekan FPIK Dr. Ismail Sulaiman, para Wakil Dekan di FT, Kajur dan sekretatis Prodi lingkup Fakultas Teknik. Hadir juga dalam Kuliah Umum tersebut dari unsur Dinas PUPR serta Direktur AKN Aceh Barat.

Dalam moment yang sangat penting tersebut, turut dilakukan penandatanganan MoU dan MoA antara Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar dengan Universiti Kebangsaan Malaysia. (Humas UTU).