MEULABOHUTU | Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar menggelar Lokakarya Berbasis Outcome-Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar Kampus  Merdeka (MBKM) Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka 2024 di Aula Iskandar Muda Lantai 2 Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Selasa (2/7/24)

Kegiatan yang mengangkat tema “Lokakarya Pengembangan Keterampilan Dosen Program Studi Teknik Sipil Dalam Penyusunan RPS Berbasis Outcome Based Education (Obe)  Metode Project Based ” ini diikuti oleh para dosen prodi Teknik Sipil dan sejumlah dosen lintas prodi se Fakultas Teknik.

Lokakarya menghadirkan narasumber Prof. Dr. Adlim, M.Sc dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Hadir dalam pembukaan Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM., dan para Wakil Dekan lingkup FT UTU

Ketua Jurusan Teknik Sipil, Ir. Andrisman Satria, S.T., M.T. dalam sesi acara menegaskan bahwa semua dosen diwajibkan untuk menyusun RPS Metode Project Base pada Semester Ganjil Tahun 2024/2025. Jurusan Teknik Sipil juga akan mengadakan kompetisi inovasi pembelajaran dengan syarat wajib RPS berbasis metode project base learnig.

Lebih lanjut, beliau mengungkapkan bahwa jurusan sudah menyiapkan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Prodi Teknik Sipil Tahun 2024 sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas dosen, materi ajar dan pendidikan di Universitas Teuku Umar.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para dosen di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar dapat lebih siap dan terampil dalam menyusun RPS metode project Base di Jurusan Teknik Sipil, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja,” jelas Andrisman.

Sementara, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya penerapan kurikulum OBE di lingkungan Fakultas Teknik. Beliau juga mengungkapkan bahwa mulai Semester Ganjil Tahun 2024/2025, Fakultas Teknik, termasuk Jurusan Teknik Sipil, akan menerapkan kurikulum OBE secara menyeluruh.

“Alhamdulillah Prodi Teknik Sipil telah memperoleh akreditasi Baik Sekali dan telah mendapat hibah PKKM yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset pada tahun ini,” kata Irwansyah

Pemateri utama, Prof. Adlim, menyampaikan materi yang sangat relevan dengan tema pelatihan. Beliau memberikan contoh kasus pengajaran dengan metode Project Based Learning, termasuk contoh tugas mahasiswa dan penyelesaian kasus desain sinyal lalu lintas pintar (smart traffic signal design).

Selain itu, Prof. Adlim juga membahas pemanfaatan limbah debu untuk bahan bangunan, yang merupakan salah satu inovasi dalam bidang teknik sipil. Tugas Project Based Learning ini menghasilkan produk yang berkaitan dengan penyelesaian masalah di kehidupan nyata. Bobot penilaian dari tugas project minimal mencapai  50% dari total penilaian.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Adlim mengatakan OBE inti sebenarnya bagaimana proses pembelajaran ditekankan kepada keberlanjutan proses dengan menerapkan inovatif, interaktif dan kreatif. “Bagaimana pembelajarannya dari student. Pembelajarannya tidak di dalam kelas dan kita memfasilitasi untuk pembelajaran itu,” ungkapnya.

Kurikulum yang dikembangkan, lanjut dia, harus berdasarkan student outcome. “Kita ingin mahasiswa menjadi apa, mau bagaimana, mereka berprofesi seperti apa, dan mau jadi pakar di bidang apa. Kita tentukan dan bagaimana kita mencapai student outcome tersebut,” ujarnya.

Pemateri juga menjabarkan  materi format buku kurikulum yang standar untuk persiapan akreditasi prodi. (Humas UTU).