MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar terus meningkatkan capaian mutu akademik dan non-akademik baik ditingkat program studi, fakultas (UPPS) dan institusi dengan menerapkan SPMI-PPEPP terstruktur, terukur, berkelanjutan dan melampaui SNDIKTI. Hasil kerja ini telah mulai membuahkan sukses dengan peningkatan akreditasi sejumlah program studi.

Saat ini UTU sudah mencanangkan peraihan APS Baik Sekali menuju Unggul untuk seluruh program studi. Terbaru, Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) telah berhasil meraih akreditasi unggul dan merupakan prodi pertama yang meraih APS Unggul di lingkungan UTU saat ini.

Khabar menggembirakan diterima oleh civitas akademika Universitas Teuku Umar, Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat berhasil meraih akreditasi unggul yang dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Hasil tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan LAM-PTKes nomor 0350/ LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2024.

Setelah proses yang cukup panjang tim akreditasi Kesehatan Masyarakat dapat melewati asesmen lapangan yang berlangsung bulan Mei lalu dan meraih predikat unggul (baik sekali) yang ditandatangani oleh LAM-PTKes 30 Mei 2024.

“Berdasarkan hasil asesmen lapangan memang ada beberapa poin yang harus kita selesaikan mulai dari penguatan kurikulum, implementasi yang konsisten terhadap pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pembentukan research groups dan perbanyak kerjasama yang menunjang tridharma perguruan tinggi” jelas Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.PH Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

“Keberhasilan Prodi Kesmas dalam meraih akreditasi unggul merupakan hasil kerja keras, kerja cerdas, doa, dan harapan dari tim reakreditasi, khususnya para dosen, tendik, dan mahasiswa serta dukungan dari unsur pimpinan dan tim penjaminan mutu Universitas melalui strategi jitu pelampauan SNDIKTI yang dicanangkan oleh pimpinan” tutur T. Alamsyah

“Hasil unggul ini kami dedikasikan utamanya kepada para mahasiswa Prodi Kesmas Program Sarjana yang sejak awal kami persiapkan reakreditasi ini, merekalah yang menjadi motivasi terbesar kami” jelasnya.

Dalam kesempatannya T. Alamsyah juga mengucapkan syukur dan terimakasih atas dukungan berbagai pihak juga universitas dalam mempersiapkan akreditasi hingga akhirnya mendapatkan hasil yang maksimal.

“Hasil visitasi lapangan menjadi bahan penilaian oleh Tim Majelis akreditasi untuk ditetapkan predikat akreditasi. Pada hari Kamis, 30 Mei 2024 surat keputusan reakreditasi prodi S1 Kesmas FKM UTU memperoleh predikat unggul dengan nilai 362, sebagai suatu prestasi yang membanggakan untuk terus ditingkatkan di masa datang,” terangnya.

Sementara Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan, M.Si menyampaikan apresiasi atas capaian Prodi Kesmas, yang berhasil meraih akreditasi unggul. “Kita bersyukur, ini tidak kebetulan, tetapi semuanya atas perencanaan yang matang dan kerja keras seluruh tim” ujar Prof. Ishak Hasan didampingi Wakil Rektor I Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Senin (10/6/2024).

Dibalik capaian itu, kata Prof Ishak, ada tuntutan masyarakat, khususnya mahasiswa agar pelayanan yang dilakukan bisa semakin baik. “Kita harus buktikan kepada masyarakat luas bahwa UTU sudah layak mendapat akreditasi unggul. Ada hal-hal yang kurang, kita tentu akan benahi menjadi lebih baik. Sehingga pada saatnya, kita akan dorong terus agar ada program studi di UTU dapat meraih akreditasi internasional segera, sebagai bukti komitmen peningkatkan mutu akademik dari pimpinan UTU saat ini” beber Prof. Ishak

Rektor berharap dengan akreditasi unggul itu akan menjadi motivasi untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ia menambahkan, Prodi Kesmas perlu menjadi motivator dan inspirator bagi Prodi lain untuk meningkatkan status akreditasi.

Dr. M. Aman Yaman menambahkan Akreditasi Prodi (APS) merupakan ukuran mutu utama dari pemerintah untuk penyelenggaraan pendidikan, sehingga capaian akreditasi merupakan ukuran kinerja dan mutu pelaksanaan tridharma perguruan tinggi baik ditingkat prodi maupun institusi.

Persiapan pelaksanaan akreditasi diawali dengan pembentukan tim akreditasi program studi. “Tim tersebut bekerja untuk menyusun dokumen borang akreditasi sesuai dengan petunjuk dokumen penyusunan borang yang telah ditetapkan, dalam hal ini LAM PT Kes, selanjutnya dokumen tersebut dikirim ke LAM PT Kes. Prodi Kesmas telah berhasil memenuhi persyaratan dan kriteria LAM PT kes untuk Unggul ” jelasnya.

Akreditasi unggul merupakan sebuah peringkat tertinggi yang diperoleh suatu Perguruan Tinggi atau Program Studi yang memenuhi kriteria akreditasi BAN-PT maupun LAM-PT. “Ini merupakan kebahagiaan tersendiri akrena program penguatan mutu di UTU telah berjalan on the track. Tetapi dibalik akreditasi unggul ini, pelayanan kepada mahasiswa tentu saja harus berbeda dari sebelumnya. Upaya meningkatkan akreditasi ini merupakan bukti tanggungjawab UTU kepada masyarakat untuk menyediakan wadah pendidikan tinggi bermutu setara dengan perguruan tinggi terbaik lainnya” sambung M. Aman Yaman.

Walaupun digolongkan perguruan tinggi muda, UTU akan terus berkomitmen menjalankan strategi peningkatan mutu akademik berkelanjutan dengan menerapkan SPMI-PPEPP guna melampaui SNDIKTI dan menerapkan kriteria internasional sehingga dapat sejajar dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia dalam waktu tidak lama” pungkasnya yang selalu optimis. (Humas UTU).