MEULABOHUTU | Dalam rangka mengimplementasikan tridharma Perguruan Tinggi, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa sosialisasi program studi ke sejumlah sekolah di Kabupaten Aceh Tengah.

Adapun sekolah yang menjadi sasaran sosialisasi Prodi IAN UTU adalah SMAN 8 Takengon Unggul dan MAN 1 Aceh Tengah. Kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 17 – 19 November 2023.

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara UTU Nodi Marefanda, M.A.P menjelaskan tujuan utama dari kegiatan sosialisasi ini untuk memperkenalkan keunggulan yang dimiliki oleh program studi Ilmu Administrasi Negara dan bagaimana perkuliahan yang telah berlangsung, termasuk memaparkan sejumlah prestasi yang diraih baik oleh mahasiswa maupun institusi.

“Target utama dari sosialisasi ini adalah, peningkatan jumlah peminat masuk ke UTU dari wilayah tengah Aceh” kata Nodi Marefanda

Sosialisasi ini terbagi dalam 2 tim. Tim pertama dipimpin oleh Nodi Marefanda sebagai Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara dengan didampingi 8 dosen lainnya untuk mengunjungi SMAN 8 Takengon Unggul yang berlokasi di wilayah Kota Takengon.

Ikhwan Rahmatika Latif, M.I.P yang turut dalan tim 1 dalam paparannya menegaskan bahwa Program Studi IAN UTU yang ada di Universitas Teuku Umar merupakan salah satu yang terbaik di antara sekian banyak program studi yang ada.

Untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berkualitas, proyeksi kerja lulusan administrasi negara tidak terlepas dari hasil kajian mendalam atas perkembangan disiplin ilmu administrasi negara saat ini, Oleh karena itu, dalam menunjang prospek kerja program studi.

Selain itu, kurikulum Prodi Ilmu Administrasi Negara juga mengikuti konteks, dan potensi lokal daerah. Misalnya terdapat mata kuliah, yang disesuaikan dengan konteks lokal, seperti mata kuliah kebijakan dan tata kelola kepariwisataan. Isu dan Kebijakan Wilayah Perbatasan, dan tata kelola Pemerintahan Desa.

“Untuk akreditasi, Prodi Ilmu Administrasi Negara, FISIP Universitas Teuku Umar memiliki akreditasi B, “cetusnya.

Kepala SMAN 8 Takengon Unggul dalam sambutannya yang diwakili oleh Waka Humas Sri Wahyuni Mahyuni, M.Si sangat antusias dengan adanya kegiatan sosialisasi dari Prodi IAN UTU. Karena dengan kegiatan ini diharapkannya bisa memberikan motivasi kepada siswa-siswi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Saya harap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini bisa memberikan motivasi kepada anak-anak kami untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan juga memperkenalkan bagaimana dunia perkuliahan” harapnya.

Sementara tim kedua dengan 7 orang Dosen  dipimpin oleh Muntaha Mardhatillah, S.A.P., M.A.P selaku Sekretaris Prodi Ilmu Administrasi Negara.

Murtaha dihadapan para siswa/siswi MAN 1 Aceh Tengah  menjelaskan, terdapat enam prospek kerja yang menanti mahasiswa setelah memperoleh gelar sarjana pada Prodi Administrasi Negara, seperti masuk pada ranah pemerintahan atau birokrasi, menjadi analis kebijakan, berkecemimpun di non governmental organization (NGO), lembaga pendidikan dan penelitian, sektor perbankan dan perusahaan.

Dari segi SDM, seluruh tenaga pengajar minimal berkualifikasi magister, ada dosen sudah bergelar Doktor seperti pasangan suami istri Dr. Ikhsan, MIP dan Dr. Vellayati Hajad, MA dan sejumlah SDM lainnya sedang menempuh pendidikan doktoral di sejumlah perguruan tinggi ternama baik di dalam maupun diluar negeri.

Selain itu terdapat beberapa fasilitas beasiswa yang akan didapatkan oleh mahasiswa yang akan kuliah di UTU, diantaranya KIP Kuliah, beasiswa Baitul Mal, Beasiswa BSI dan beasiswa Pemerintah Aceh. “Untuk persyaratan dapat diperoleh melalui laman media sosial, Prodi Ilmu Administrasi Negara UTU IG @ian.utu.

Dikesempatan yang sama, Sudarman Alwy, M.Ag dosen senior Prodi IAN juga turut menyampaikan materi tentang partisipasi pemilih pemula dalam kontestasi pemilihan umum 2024. Sudarman menyebutkan Pemilu menjadi pesta demokrasi terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu, harus ada dukungan dari seluruh lapisan masyarakat supaya berjalan lancar, termasuk partisipasi pemilih pemula bisa sesuai harapan.

“Jangan sekadar nyoblos harus jadi pemilih cerdas, karena ini sangat menentukan kualitas kepemimpinan kita nanti. Untuk itu Sudarman mengajak para siswa untuk berpartisipasi menjadi pemilih yang cerdas pada gelaran Pemilu Serentak 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

Tim 2 Prodi IAN disambut hangat oleh Waka Kurikulum MAN 1 Aceh Tengah, Salwa Husna yang turut didampingi Waka Sarpas Parwira AR. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung dengan baik peserta sangat antusias merespon dan bertanya seputar Program studi Ilmu Administrasi Negara pada sesi diskusi. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).