MEULABOHUTU | Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADISTRA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar melakukan kegiatan peluncuran “Sekolah Laskar Pesisir”. 

Sekolah Laskar Pesisir dikenalkan kepada masyarakat sebagai bentuk komitmen tim PPK Ormawa Himadistra UTU dalam rangka mewujudkan desa maritim. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang diusung oleh tim PPK Ormawa yang berkolaborasi antara tim pelaksana, dan sejumlah dinas di Kabupaten Nagan Raya seperti DKPP, Disperindagkop UKM, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan DPMG4 serta Camat Kuala Pesisir. 

Dari Universitas Teuku Umar turut hadir Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Basri S.H.,MH, Koordinator Prestasi dan Kemahasiswaan Biro AKPK Muhammad Idris, M.Pd, Perwakilan Korpus PKM, Kaprodi Ilmu Administrasi Negara, Nodi Marefanda S.PI., M.AP, dan Dosen Pembimbing Agatha Debby Reiza Macella M.Si, juga tim pelaksana.

Acara menarik tersebut berlangsung di Kantor Keuchik Gampong Pulo, Kecamatan Kuala Pesisir, Kab. Nagan Raya pada Selasa, 27 Agustus 2024. Kegiatan ini turut dibantu oleh para volunteer, perangkat Gampong Pulo, dosen pendamping, dukungan perguruan tinggi, serta partisipan yang luar biasa dari para kader Sekolah Laskar Pesisir. 

Adapun tujuan didirikannya Sekolah Laskar Pesisir untuk memberdayakan masyarakat setempat dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam pesisir yang melimpah yang lebih optimal. 

Kegiatan dibuka oleh MC Roza Amalia Z.A, pada peresmiannya dilakukan oleh Dekan Fisip Basri S.H.,MH yang didampingi seluruh tamu undangan yang hadir. Basri dalam kesempatannya menyampaikan harapan agar Sekolah Laskar Pesisir ini sebagai upaya keberlanjutan di Gampong Pulo, dapat membawa keberkahan dan membantu peningkatan pendidikan dan juga keterampilan bagi masyarakat. 

Sekolah laskar pesisir ini juga dilengkapi dengan buku-buku yang merupakan pemberian dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Nagan Raya. Masyarakat yang berhadir juga sangat senang dan antusias  mengikuti launching sekolah laskar pesisir. 

Nantinya Gampong Pulo melalui sekolah Laskar Pesisirnya menjadi binaan prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Teuku Umar. Acara ditutup dengan menonton video perjalanan Sekolah Laskar Pesisir, Pembacaan doa yang dipimpin oleh Kepala Desa Gampong Pulo dan sesi foto bersama. (Humas UTU).