MEULABOHUTU | Salah satu aspek pendukung suksesnya Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah peranan Pengelola Laboratorium. Oleh karena itu, pengembangan SDM yang berpedoman atau berdasarkan konsep Artificial Intelligence menjadi faktor pendukung utama dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalitas Pengelola Laboratorium Pendidikan.

Dalam rangka meningkatkan dan membangun Kompetensi dan profesionalisme pengelola laboratorium Pendidikan, Pengelola Laboratorium Pendidikan Universitas Teuku Umar (PLP UTU) mengikuti Workshop dan Seminar Nasional 1.0 serta Rakernas VII yang bertajuk “Membangun Kompetensi Dan Profesionalisme Pengelola Laboratorium Pendidikan Berbasis Artificial Intelligence (AI) Menyongsong Era Smart Society 5.0” yang berlangsung di Hotel Atria Malang, 24 – 26 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh masing-masing satuan kerja (Satker) yang ada disetiap Perguruan Tinggi baik PTN maupun PTS yang ada diseluruh Indonesia.

Dari informasi yang didapat, institusi pendidikan setingkat SLTA/SMK pun yang memiliki jabatan fungsional PLP mengikuti acara tersebut, berarti kegiatan ini dipandang sangat penting kemanfaatannya dlm pengelolaan laboratorium pendidikan. menurut panitia peserta yg ikut pada kegiatan tersebut kurang lebih enam ratus orang dari seluruh Indonesia.

Di perhelatan kegiatan setiap tahun tersebut, Universitas Teuku Umar ikut berpartisipasi dengan mengirim 4 utusan peserta, yaitu 3 PLP dan 1 unsur kepegawaiian yaitu : Suci Sunandar, S.TP (Sekjen PPLPI Lemdik UTU) dari Lab THP Fakultas Pertanian, dan Ir. Khairilsyah (Dewan Pengawas PPLPI PUSAT) dari Lab Agroteknologi Fakultas Pertanian, Dedi Desi Arisandi, S.KM, M.Si dari lab fakultas kesehatan Masyarakat, Rahmat Hidayat, SP dari kepegawaiian

Suci Sunandar, S.TP kepada Humas UTU mengatakan kegiatan tersebut amat penting untuk diikuti oleh segenap PLP, ada banyak hal yang dibahas dalam forum nasional itu, baik pengelolaan lab dan juga implementasi Artificial Inteligence Big Data untuk mendukung Tupoksi PLP, sekaligus akan merekomendasikan kepada pemerintah dlm hal ini Kementrian terkait mengenai jabatan fungsional PLP yang ada dilingkup perguruan tinggi.

Disamping itu, kegiatan dimaksud juga dalam rangka meningkatkan penguatan kapasitas PLP yang profesional dan kompeten dlm meningkatkan kualitas pelayanan Laboratorium pendidikan di perguruan tinggi. (Humas UTU).