MEULABOHUTU | Pejabat Bupati Simeulue Ahmadliyah, SH secara langsung membuka sosialisasi dan promosi penerimaan mahasiswa baru program Magister (S2) Universitas Teuku Umar (UTU) periode semester genap 2023/2024, Sabtu (20/1/2024).

Sosialisasi yang di pusatkan di Aula Lantai III Setdakab Simuelue tersebut turut dihadiri Sekretaris daerah Setdakan Simeulue Asluddin, SE., M.Kes, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan SDM Jaswir, Kepala Dinas Pertanian, dan sejumlah ASN di Simeulue.

Adapun tim Sosialisasi dan Promosi Magister UTU di pimpin oleh Dr. Edwarsyah, SP., MP (Dosen Tetap Program Pascasarjana (PPs) UTU) dan Dr. Irvan Subandar, SP, MP sebagai anggota.

Dalam sambutannya Ahmadliyah berterimakasih atas kedatangan tim Sospro S2 UTU ke kabupaten kepulauan yang ia pimpin. Ia juga berharap kedepan akan lebih banyak ASN lingkup Pemkab Simeulue yang akan meningkatkan kapasitasnya lewat lanjutan pendidikan S2 ke Universitas Teuku Umar.

Lanjutnya, pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kabupaten Simeulue.

Untuk itu sebut Pj Bupati, pemerintah daerah akan memberikan dukungan bagi para ASN yang akan melanjutkan pendidikan ke program Magister (S2) Sekolah Pascasarjana di Universitas Teuku Umar

“SDA kita saat ini sudah sangat jauh berkurang, sehingga pengembangan SDM harus secara maksimal dilakukan agar dapat bersaing. Zaman dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan. Pengembangan SDM merupakan tanggung jawab kita bersama, agar kehidupan masyarakat juga dapat meningkat,” pungkasnya.

Sementara itu, Dr. Edwarsyah selaku ketua tim Sospro S2 UTU dalam paparannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj Bupati Simeulue beserta seluruh jajaran yang telah menyambut dan memberikan dukungan kepada Universitas Teuku Umar.

“Kami ingin memperkenalkan kembali UTU kepada bapak ibu semua, UTU memang tak asing lagi bagi masyarakat Simeulue. Sebab, sejak dibuka tahun 2006 lalu, banyak putra putri dari Simeulue yang melanjutkan pendidikan ke UTU, hingga kini ratusan anak-anak terbaik Simeulue sedang belajar di UTU,” katanya

Bukan hanya mahasiswa, lanjut Dr. Edwarsyah, namun banyak juga SDM Dosen UTU berasal dari Simeulue, juga untuk posisi tenaga kependidikan banyak diisi oleh putra putri terbaik Simeulue.

Dr. Irvan Subandar dalam paparannya juga turut  menerangkan bahwa, saat ini ada 27 jurusan di Universitas Teuku Umar dari 6 Fakultas, dan sebanyak 4 jurusan merupakan Program Magister.

“Ini kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan SDM di Aceh, kita ada 4 prodi S2 sehingga ini merupakan peluang besar bagi masyarakat Simeulue untuk meningkatkan pendidikan ke jenjang S2,” jelasnya.

Adapun ke empat prodi Magister tersebut adalah Prodi Magister Ilmu Perikanan, Magister Ilmu Pertanian, Magister Sosiologi dan Magister Ekonomi Pembangunan.

Sementara sosialisasi dan promosi PPs UTU Hari ke 2  dilaksanakan di Lokasi Kantor Pelabuhan Perikanan Teluk Sinabang dihadiri oleh Kepala pelabuhan, Staf dan Karyawan. Hari Ke-3 dilaksanakan di Cafe Fthree peserta dari Alumni UTU, USK, UIN, dll

Yuk #GabungUTU #KuliahS2 #kuliahmagisterpertanian #kuliahmagisterperikanan #kuliahmagistersosiologi #kuliahmagisterekonomipembangunan – adapun Daftar Online dapat mengunjungi situs kami https://pmb.utu.ac.id atau Daftar Offline ke Kampus UTU, Alue Penyareng, Aceh Barat. (Aduwina Pakeh /Humas UTU).