MEULABOHUTU | Pejabat Bupati Simeulue Ahmadliyah, SH membuka Musyawarah Besar (Mubes) IV Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Alumni Universitas Teuku Umar (IKA UTU) Tahun 2024, Rabu (5/6/2024).

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Wakil Rektor III H. Ibrahim HS, SKM., MNSc, im HS, SKM., MNSc, tua DPRK Simeulue, Irwan Suharmi, S.E., M.Si, Dandim 0115/Simeulue, Kapolres Simeulue, Kajari Simeulue, para kepala SKPK, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Mubes yang dirangkai dengan Sosialisasi masuk PTN Program S1 dan S2 Universitas Teuku Umar yang mengangkat tema “Sinergitas Peran Alumni di Era Digitalisasi dalam Pembangunan Daerah menuju Indonesia Emas 2045,” berlangsung di Aula Setdakab Simeulue, Lantai III Kantor Bupati Simeulue.

Dalam sambutannya Ahmadliyah mengapresiasi Universitas Teuku Umar dan khususnya keluarga Besar Ikatan Keluarga Alumni yang telah memilih Simeulue sebagai tempat berlangsungnya Mubes ke IV tahun 2024. Ia berharap agar musyawarah Besar ini tidak hanya menjadi agenda seremonial saja, tetapi dapat mengkristalisasikan visi kolektif segenap alumni UTU yang jumlahnya tidak sedikit dan tersebar di seluruh tanah air.

Ahmadliyah  mengharapkan Almuni UTU dapat berhimpun dalam sebuah ruang konsolidasi bernama ikatan alumni UTU, sehingga tercipta arus diskusi dan informasi antar alumni secara berkesinambungan.

“Menjadi harapan kita bersama, semoga musyawarah besar ikatan alumni Universitas Teuku Umar ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan strategis untuk alumni, untuk Kampus UTU dan untuk Indonesia, khususnya Aceh,” katanya.

Pj. Bupati juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Rektor UTU yang dalam penyampaian visinya yang ingin mewujudkan alumni yang memiliki karakter dan berorientasi pada penyiapan kemampuan hard and soft skill yang siap pakai di dunia industri dan bisnis.

“dengan visi besar tersebut, para Alumni UTU nantinya tidak hanya berharap pada sektor pegawai pemerintahan saja namun juga mampu mengembangkan sektor bisnis dan ekonomi dengan sumber daya yang dimiliki sehingga dapat memberikan peluang kerja kepada masyarakat dan lainnya,” kata Pak Ahmadliyah.

Pj. Ketua Umum IKA UTU, Ir. Sulaiman Ali, S.T., M.T dalam kesempatannya  menjelaskan Mubes IKA UTU tidak sekedar menjadi hajatan besar rutinitas pergantian Ketua Umum semata, akan tetapi sebagai forum ide atau gagasan dan sebagai pengambilan keputusan tertinggi IKA UTU dalam membesarkan kelembagaan Ikatan Alumni”.

Sulaiman Ali mengatakan, Alumni mempunyai peran bukan hanya untuk berkontribusi pada almamater tetapi juga berkontribusi kepada masyarakat bangsa dan negara.

 

“Alumni juga dapat menguatkan komunikasi sinergi antara alumni dan kampus sehingga kampus Universitas Teuku Umar dapat memaksimalkan potensi dan opportunity yang ada, maka melalui Musyawarah Besar IKA UTU semua lulusan Universitas Teuku Umar dapat menjalin silaturahmi dan kolaborasi dalam menemukan solusi untuk banyak isu di Masyarakat, maka dari itu Alumni dan Kampus UTU adalah komponen yang penting dalam pengembangan dan keberlanjutan almamater”, ungkap Sulaiman Ali.

Rektor UTU yang diwakili Wakil Rektor III Ibrahim HS, SKM., MNSc dalam sambutannya menyemenyampaikan, alumni merupakan sebuah kekuatan bagi UTU. Berdasarkan catatan di Biro Akademik dan Kemahasiswaan, saat ini jumlah alumni UTU sudah lenih 7.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Warek III menegaskan bahwa alumni memiliki peran yang besar bagi UTU. Karena itulah, kampus mengajak alumni untuk bersama membangun sinergitas dan kebersamaan, melaju bersama menuju world class university.

“Kampus tidak mungkin jalan sendiri sehingga dibutuhkan kerja kolaborasi, salah satunya dengan alumni. Kita jalin sinergitas. Simpul antara universitas dengan alumni adalah simpul yang erat. Kami butuh alumni untuk meningkatkan reputasi,” terang Wakil Rektor. (Humas UTU).