MEULABOH – UTU | Dalam rangka memberikan penguatan SDM gampong Pulo, Kuala Pesisir, Nagan Raya. Tim PPK ORMAWA Himadistra, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar melakukan “Sosialisasi dan Pelatihan Manajemen Pemasaran Produk olahan hasil tangkap menuju desa maritime berdikari,” Sabtu (24/8/2024).

Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri dari  Dinas Disperindagkop dan UKM kab.Nagan Raya. Turut hadir Dosen Pembimbing, Ormawa Himadistra, Kepala Desa Pulo, Aparatur Desa, Masyarakat Desa serta Tim Pelaksana PPK Ormawa Himadistra 2024.

Acara yang berlangsung di kantor Keuchik Desa Pulo yang di hadiri 20 peserta. Kegiatan Sosialisasi ini dimulai pada pukul 11.00 WIB yang dibuka oleh MC Fadia Hestia Sari, Serta lantunan ayat suci Al-Qur’an yang di bacakan oleh, Celfin. Masyarakat yang berhadir juga sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Keuchik Pulo dalam kesempatannya memyampaikan tujuan masyarakat dan tim PPK Ormawa selalu sama, dan keberadaan mahasiswa yang tergabung dalam PPK Ormawa ini alhamdulillah memberikan ilmu yang sangat beharga kepada masyarakat Desa Pulo.

Dosen Pembinging PPK Ormawa Himadistra , Agatha debby Reiza Macella juga Menyampaikan bahwa “Hari ini merupakan rangkaian pelatihan yang terakhir dalam kegiatan ppk ormawa terkait bagaimana nanti produk olahan yang sudah Ibu buat bersamaan tim PPK Ormawa itu meliputi Abon, Cirik Crispy dan Nugget udang nantinya akan dibantu, didampingi dalam hal pengembangan kemasan dan pemasaran bersama Disperindagkop UKM, yang penting bapak/ibu harus selalu semangat”, ajaknya.

Hadirnya Disperindagkop UKM hari memberikan wawasan juga sekaligus memberikan persepsi pemahaman bagi seluruh peserta pelatihan tentang bagaimana sebenarnya produk olahan Pulo ini bisa menghasilkan pendapatan tambahan bagi masyarakat dan dapat berkelanjutan.

Kemudian Sekretaris Disperindagkop dan UKM Arafik Karim M.AP, menyampaikan bahwa “ Disperindagkop Nagan Raya sangat senang hadirnya produk-produk yang PPK Ormawa Himadistra buat sehingga nantinya akan membantu perekonomian Desa Pulo.

Segala proses harus transparan dan terukur, karena ini harus kita jadikan bisnis. Disperindagkop juga akan membantu melalukan pendampingan terkait kepengurusan Halal, P-IRT, dan sebagainya hingga produk dapat dipasarkan ke swalayan terkedat bahkan ke seluruh Indonesia”.

Beliau juga menegaskan bahwa Disperindagkop UKM berkomitmen untuk mendampingi kelompok Meusare yang telah terbentuk di Gampong Pulo hingga nantinya produk-produk olahan yang dihasilkan dapat dipasarkan dan bisnis berjalan serta bermanfaat bagi masyarakat Pulo.

Kemudian di lanjutkan dengan diskusi bersama masyarakat ,mereka sangat antusias untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dari pemateri,setelah itu dilanjutkan dengan pembagian dorprize.

Pernyataan penutup disampaikan oleh Agatha Debby Reiza Macella, M.Si., “Gampong punya potensi yang patut diberdayakan, oleh karena itu ppk ormawa hadir hanya memberikan petikan api, maka selanjutnya biarkan api semangat itu tetap berkobar lewat tangan bapak ibu di gampong Pulo dengan dukungan dari Pak keuchik, aparat desa dan juga pemerintah Kabupaten Nagan Raya dan Universitas Teuku Umar supaya api itu tetap menyala”, tukasnya. (Humas UTU).