MEULABOH – UTU | Bertempat di pesisir Gampong Peunaga Pasi, Meureubo, Aceh Barat, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sumberdaya Akuatik (himassa) bekerja sama dengan PT Mifa Bersaudara, RRI Meulaboh melaksanakan kegiatan penanaman bibit mangrove di pesisir Pantai peunaga pasi, kecamatan meureubo, kabupaten aceh barat.

Kegiatan ini merupakan satu dari sekian banyak kegiatan Pekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UTU, selain ada lomba essay bagi mahasiswa, bazzar, lomba cerdas cermat bagi pelajar dan talkshow di Radio
Acara ini dihadiri oleh Dosen Prodi Sumber Daya Akuatik, Perwakilan PT Mifa, perwakilan masyarakat desa serta mahasiswa khususnya FPIK UTU sebagai peserta.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua program Studi yaitu Heriansyah, S.Pi., M.Si yang mengatakan mangrove memiliki peranan penting pada lingkungan pesisir, selain sebagai tempat berlindung dan mencari makanan bagi ikan namun juga dapat berupa jasa lingkungan yaitu penyerap karbon dan pelindung Pantai dari abrasi (barrier), maka peran kita sebagai akademisi yang bergerak dibidang sumberdaya perairan untuk turut memberi kontribusi bagi pesisir yang ada disekitar kita,

“ya dengan kegiatan seperti ini, penanaman mangrove. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada kepada berbagai pihak / mitra yang ikut terlibat dalam kegiatan ini, semoga aka nada banyak kegiatan kolaborasi lainnya” ujar Heriansyah.

Acara dilanjutkan dengan penanaman serentak 300 bibit mangrove dan penyemaian benih mangrove jenis rhizopora dan api-api di pesisir Pantai desa Peunaga Pasi kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Nurul Najmi, S.Kel., M.Si dan Roni Arif Munandar, S.Kel., M.Si serta Levi Rianti Putri selaku ketua himpunan sebagai penangungjawab dilapangan. setelah penanaman dan penyemaian acara di tutup dengan penjelasan singkat bagaimana perawatan dan monitoring pasca penanaman bibit mangrove. (Humas UTU).