MEULABOHUTU | Dalam rangka penguatan kerjasama, tim dari Universitas Teuku Umar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Simeulue, Kamis (23/5/2024). Kunjungan tersebut dipimpin oleh Wakil Rektor II UTU Prof Dr Nyak Amir, M.Pd didampingi sekretaris senat UTU Hafinuddin, S.Pi., M.Sc dan Wakil Dekan I FPIK Dr. Muhammad Rizal, M.Si.

Pada kunjungan kali ini, tim UTU diterima oleh Sekda Simeulu mewakili Pj Bupati. Sekda turut didampingi Asisten III Pemkab Simeulu dan zejumlah kepala dinas lingkup pemkab Simeulu.

Dalam kunjungan itu, Prof Nyak Amir menuturkan, kunjungan yang dilakukan tim UTU dilakukan untuk menindaklanjuti dan membangun kembali kerjasama antara UTU dan Kabupaten Simeulue yang ditingkatkan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Lanjut Prof Nyak Amir, dari pertemuan tersebut disepakati sejumlah kesepahaman yang akan ditindaklanjuti dalam PKS, seperti penguatan dan tindak lanjut MoU dengan ruang lingkup kegiatan, yakni 1. pengembangan dan peningkatan SDM riset, pengkajian dan pengabdian, 2. Koordinasi penyusunsn rencana strategis UTU dan RPJMK Simeulu, 3. Pengembangan SDM pendidikan dan kesehatan, 4. Pengembangan dan pengelolan kawasan pesisir laut Simeulu, 5. Pengembangan labotorium laut dan tropis UTU di Simeulu.

Berikutnya, sejumlah PKS yang akan segera ditandatangani adalah
1). PKS; pembukaan tindaklanjut kelas kerjasama untuk S2 UTU dengan Pemda Simeulu. PKS antara Dekan FP dan Dekan FPIK UTU dengan kepala BPSDM Simeulu.
2. PKS; kerjasama riset dan magang serta Pendirian laboratorium lapangan riset kelautan dan perikanan di Simeulu:  PKS antara Dekan FPIK UTU, Kepala LPPM UTU dengan kepala dinas perikanan dan kelautan simeulu.
3. PKS: Pengkajian lingkungan dan penyusunan dokumen KLHS dan UKL UPL Simeulu. PKS antara Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH UTU) dengan kepala DLH Simeulu.
4. PKS: Uji kompetensi profesi SDM Simeulu. PKS antara Koordinator Pokja SDM UTU dengan Kepala BPSDM Simeulu dan dinas pendidikan Simeulu.

“Tanda tangan PKS tersebut, nantinya akan dilakukan bertempat di UTU, PIC tindaklanjut PKS dari UTU adalah Hafinuddin dan PIC pemda Simeulu Asisten 3 bapak Syafrinuddin,” pungkas Prof Nyak Amir