MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar  berhasil meraih dua standar layanan internasional sekaligus yaitu sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2015)  dan sertifikasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (ISO: 21001:2018).

Sertifikat standar layanan tersebut diterima dari PT. Decra Internasional pada Rabu (27/12/2023). Keberhasilan tersebut salah satu perwujudan komitmen dari Fakultas Teknik untuk memberikan jaminan mutu terhadap layanan akademik yang diberikan kampus setempat.

ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 adalah dua standar internasional yang diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO). ISO 9001:2015 yang juga populer dengan Sistem Manajemen Mutu adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu suatu organisasi.

Sedangkan ISO 21001:2018 atau Sistem Manajemen Pendidikan adalah standar internasional yang menyediakan panduan untuk mengimplementasikan sistem manajemen pendidikan. Standar ini ditujukan untuk organisasi pendidikan, seperti pada perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya, dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan peserta didik dan pemangku kepentingan, dengan beberapa indikator juga yang menjadi sasaran diantaranya Fokus pada Mahasiswa, Partisipasi Pihak Pemangku Kepentingan, Pendekatan Berbasis Resiko, Keterbukaan dan Transparansi, serta Peningkatan Berkelanjutan.

Menanggapi keberhasilan FT meraih sertifikat ISO, Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si mengapresiasi segenap civitas akademika Fakultas Teknik dan tim yang terlibat. “Bahwa keberhasilan ini menjadi pengakuan sebuah lembaga atau institusi telah memenuhi standar internasional dalam penjaminan mutu dalam pelayanan kampus,” kata Rektor

“Keberhasilan dalam meraih sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 juga menunjukkan komitmen UTU untuk menghasilkan lulusan yang unggul melalui sistem pendidikan yang berkualitas dan memenuhi ketentuan yang berlaku dan dilakukan secara berkelanjutan,” kata Prof Ishak kepada UTUNews

Selain itu, guru besar ekonomi koperasi itu juga mengapresiasi dan terima kasih kepada seluruh pejabat struktural, dosen dan tenaga kependidikan atas kerja cerdas dan kerja kerasnya, sehingga prestasi membanggakan ini dapat diraih.

“Sehingga harapannya fakultas lain juga dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti audit untuk meraih sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018,” harapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan FT UTU meraih dua standar layanan berskala internasional ini sekaligus. Menurutnya, prestasi ini tidak lepas dari kerja keras dan komitmen kuat dari sivitas FT UTU untuk terus mengembangkan fakultas ini. Serta dukungan pimpinan Universitas yang terus mendorong FT UTU untuk menguatkan institusinya, sehingga mampu bersaing di tingkat global.

Dr. Irwansyah mengakui, tantangan dunia pendidikan saat ini semakin kompleks. Begitu pula dalam bidang keteknikan yang sangat menuntut lahirnya sumber daya manusia yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat global.

Oleh karena itu, FT sebagai institusi yang bertanggung jawab dalam melahirkan lulusan keteknikan, harus segera berbenah dalam meningkatkan standar layanan pendidikannya.

“Alhamdulillah, sertifikasi ini semakin memotivasi kita untuk terus meningkatkan layanan akadenik di fakultas teknik. Karena kita menyadari, lulusan yang berkualitas akan sulit terwujud tanpa layanan pendidikan yang bermutu,” pungkas Irwansyah. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).