MEULABOH – UTU | Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teuku Umar (UTU), yang juga Ketua Perkumpulan Promotor Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia Provinsi Aceh, secara resmi membuka kegiatan “Pendampingan dan Pembinaan (Monitoring dan Evaluasi Internal) Tim Pelaksana Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Tahap III Universitas Teuku Umar Tahun 2024”. Acara yang berlangsung di Aula Cut Nyak Dhien ini dihadiri berbagai tokoh penting, baik dari internal universitas maupun pihak eksternal.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III menyampaikan bahwa kegiatan ini seharusnya dihadiri oleh Rektor Universitas Teuku Umar, namun karena adanya halangan, beliau menitipkan salam untuk seluruh peserta. Program PPK Ormawa, menurut beliau, merupakan inisiatif Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemdikbudristek, yang bertujuan meningkatkan kapasitas organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi.

“PPK Ormawa menjadi ajang penting untuk membentuk mahasiswa dengan soft skills, kemampuan organisasi, penguatan karakter Pancasila, serta semangat cinta tanah air dan kebangsaan,” ujar Wakil Rektor III.

Sebanyak tujuh tim pelaksana dari UTU telah menjalankan program ini di beberapa desa, dengan pendanaan dari Kemdikbud Ristek Dikti, yang bertujuan membangun desa dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat. Kegiatan pendampingan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan perguruan tinggi terhadap pengembangan kapasitas mahasiswa melalui PPK Ormawa, sekaligus untuk mengetahui perkembangan hasil kegiatan mereka di lapangan.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini turut dihadiri Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, para dekan fakultas di lingkup UTU, Ketua LPPM Penjamin Mutu, Kepala Biro AKPK, Camat dari tiga kabupaten, serta para keuchik dari desa-desa lokasi program. Mereka hadir untuk memberikan dukungan kepada mahasiswa tim pelaksana PPK Ormawa yang telah melaksanakan berbagai kegiatan di desa dengan tujuan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Wakil Rektor III juga menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menjaga semangat dan antusiasme para mahasiswa dalam melaksanakan program yang membangun kapasitas organisasi kemahasiswaan, terutama dalam pengabdian kepada masyarakat.

“kegiatan ini dilakukan untuk menjaga semangat dan mensupport agar menjadi kekuatan untuk organisasi yang ada di lingkup UTU dalam membangun desa” pungkas beliau. (HUMAS UTU).