MEULABOHUTU | Musyawarah Besar (MUBES) Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar sukses digelar dengan menghasilkan Nahkoda baru yaitu Ariq Al-Razan sebagai Ketua BEM dan Rahmat Rizal Darwan sebagai Wakil Ketua BEM FT UTU Periode 2024-2025.

Pasangan ini terpilih secara aklamasi, menggantikan pasangan sebelumnya yaitu Haiyan Misrijal dan Fahrizal Guswandi. Mubes yang berlangsung pada 21-25 Desember 2023 di Kampus UTU, Alue Penyareng turut dihadiri ketua terpilih Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Teknik, Zulyaden, S.T., M.T.

Ketua panitia MUBES KBM FT UTU Samuel Jikwa menyebutkan masa jabatan Ketua BEM berlangsung selama 1 tahun sehingga Mubes untuk pemilihan ini akan terus menjadi tradisi demokrasi tahunan. “Mubes KBM FT ini bertujuan mengajarkan nilai demokratis, kemampuan bekerja sama dalam tim, komunikasi kepemimpinan yang efektif serta menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan,” katanya

Ia juga menjelaskan bahwa proses pemilihan ketua dan wakil ketua BEM berlangsung secara musyawarah dan mufakat. “Setelah melewati beberapa tahapan musyawarah, pada akhirnya Mubes menyepakati dan menetapkan Ariq Al-Razan dari Prodi Teknik Sipil sebagai Ketua BEM dan Rahmat Rizal Darwan dari Prodi Teknologi Informasi sebagai Wakil Ketua BEM FT UTU,” kata Samuel Jikwa.

Dihubungi terpisah, Dekan Fakultas Teknik UTU Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM mengucapkan selamat dan sukses kepada KBM FT UTU yang telah menyelesaikan agenda MUBES sehingga terpilih Ketua dan Wakil Ketua BEM FT yang baru. Dekan juga mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya MUBES ini dan terpilihnya ketua dan Wakil Ketua BEM, semangat dalam merubah, dapat  membuat program–program yang lebih unggul kreatif dan inovatif dalam berorganisasi serta cerdas dalam memecahkan masalah.

“MUBES ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan inovasi-inovasi yang baru serta kepada ketua BEM terpilih agar tetap menanamkan budaya-budaya diskusi dengan mengkaji permasalahan-permasalahan sosial di kalangan mahasiswa”, harap Dekan.

Dr. Irwansyah menekankan agar Mahasiswa, khususnya pengurus BEM FT kedepan agar menggiatkan agenda kemahasiswaan. Dia mengatakan, kampus adalah tempat belajar dan jangan takut salah, karena mahasiswa adalah agen perubahan yang dipundaknya terdapat harapan dan masa depan bangsa.

“Mahasiswa harus proaktif dan berada di garda depan dalam memajukan bangsa ini,” jelas Dr. Irwansyah.

Sementara ketua BEM terpilih Ariq Al-Razan mengaku akan menjalankan amanah dengan baik selama satu tahun kedepan. Dia juga meminta agar terjadi sinergitas dengan lembaga kemahasiswaan lainnya di lingkup Fakultas Teknik.

“Mari kita bersama menghidupkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dengan bekerjasama lintas ormawa yang ada di FT maupun di lingkup UTU,” katanya.

Ariq juga berterima kasih kepada kanda Haiyan Misrijal dan Fahrizal Guswandi, selaku ketua dan Wakil Ketua BEM sebelumnya, yang telah banyak memberikan masukan dan motivasi. Diapun meminta agar kedepan mendapat bimbingan dari pimpinan Fakultas, khususnya Wakil Dekan II FT UTU.

“Saya selaku ketua BEM yang baru, berharap kepada kita semua, para senior dan Alumni untuk memberikan bimbingan dan arahannya,” tandas Ariq. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).