MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU), menggelar Monitoring dan evaluasi (Monev) Internal Tahap II Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai Dikti 2023, Rabu (27/9).

Pada Monev kali ini, tim evaluator yang terdiri dari dosen pendamping Karya Tulis Ilmiah (KTI) UTU, menekankan pada pemantauan proses pelaksanaan PKM. Kesesuaian antara proposal PKM dengan pelaksanaan ditinjau dari presentasi pelaksana, log book, laporan kemajuan dan dokumentasi foto.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula utama, lantai 2 Kampus UTU diikuti oleh 19 kelompok PKM. Oleh karena itu, dengan adanya Monev Internal II diharapkan mampu menambah potensi jumlah PKM yang maju mewakili UTU hingga Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) 2023.

Yarmaliza, SKM., M.Si selaku Korpus PKM UTU menyebutkan dalam Monev kali ini ditekankan pada aspek kesesuaian pelaksanaan program dengan proposal baik itu administrasi, log book, pengelolaan anggaran maupun target luaran.

Lanjutnya, pihaknya berkomitmen untuk mendukung tim PKM UTU agar mampu memenuhi standar pelaksanaan PKM sebagaimana yang telah ditentukan oleh DIKTI terutama menyangkut administrasi dan lain-lain.

“Support system sangat penting, maka dari itu pusat PKM melaksanakan monev, agar pelaksanaan program PKM tidak terkendala di lapangan,” jelasnya.

“Harapan saya bisa merealisasikan apa yang telah dicita-citakan oleh Rektor, yakni tim PKM UTU berhasil masuk PIMNAS PKM 2023. “Maka dari itu kami dan Tim PKM center UTU berusaha semaksimal mungkin dalam kegiatan Monev dan pembinaan ini,” pungkasnya.

PKM merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbudristek untuk memfasilitasi potensi mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah mereka pelajari di bangku perkuliahan kepada masyarakat luas.  Kegiatan akan dilaksanakan selama satu tahun dan akan berakhir di ajang Pimnas.

Dalam sambutannya Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si mengapresiasi para mahasiswa dan dosen pembimbing dalam pelaksanaan kegiatan PKM.

“Pimpinan selalu mendukung perjuangan mahasiswa, dan semoga seluruh tim PKM UTU yang sedang melaksanakan programnya di lapamgan berhasil lolos ke ajang PIMNAS kedepan,” harap Prof Ishak Hasan

Salah satu mahasiswa peserta Monev jurusan Ilmu Administrasi Negara, Anggraini Amelia mengaku sangat beruntung dengan adanya monev internal yang diselenggarakan UTU, karena dengan begitu ia bisa memperbaiki jika ada evaluasi dari tim evaluator.

“Alhamdulillah, berkat arahan dosen pembimbing PKM dan tadi juga ditambah oleh tim evaluator, ada beberapa hal yang harus kami perbaiki terutama dalam bab target luaran dan potensi keberlanjutan program pengabdian”  tutur Anggraini. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).