MEULABOH, UTU – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Aceh berkerjasama dengan Universitas Teuku Umar melakukan sosialisasi kewirausahaan bagi mahasiswa Universitas Teuku Umar di Aula Hotel Eva Sky, Meulaboh, Senin (30/5/2023).

Kasi Fasilitas Usaha Kecil Dinas Koperasi UKM Aceh, Saiful Bahri mengatakan di tahun 2023, kegiatan sosialisasi kewirausahaan ini sudah dilakukan di empat universitas ternama yang ada di Aceh, yaitu Universitas Syiah Kuala (USK), Unin Ar Raniry, Universitas Malikulsaleh dan yang terakhir di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh.

Saiful Bahri menyebut, sosialisasi dan kampanye kewirausahaan bagi mahasiswa ini bertujuan untuk merubah mindset mahasiswa dari budaya mencari kerja menjadi menciptakan pekerjaan atau berwirausaha, sehingga menjadi bekal kemandirian ekonomi dan bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain.

“Kita mencoba merubah pola fikir mahasiswa dari budaya mencari kerja kemudian bisa menciptakan kerja. Harapannya tentu nanti akan lahir wirausaha baru yang mampu menampung tenaga kerja,” kata Saiful Bahri.

Saiful menambahkan, narasumber yang diundang dikegiatan tersebut juga berkompeten dan profesional di bidangnya yaitu dosen UTU Hanif Mucdatul A, ketua Yayasan Aceh Documantary Faisa Ilyas, Owner Ika Kroeng Khairul Fajri, Wain Advisory Indonesia Sultan M. Yunus dan Saifullah direktur manajemen Kemenparekraf.

Ia melanjutkan, setelah terselenggarakan kegiatan sosialisasi ini Dinas Koperasi  UKM Aceh dengan UTU melakukan penyaringan calon wirausaha minimal 10 persen dari 100 orang ini, kemudian akan didampingi dan dilanjutkan dengan diberikan bantuan peralatan sesuai kebutuhan usaha yang dilanjutkan.

“Nantinya dari sosialisai ini nanti juga akan ada penyaringan khusus dengan keteria yang ada untuk membuktikan dan menunjukkan bahwa kegiatan itu dilakukan dengan perencanaan yang baik, serius dan berkelanjutan,” tambahnya.

Saat ini, imbuhnya pemerintah sangat optimis untuk menciptakan wirausaha kaum milenial, karena kegiatan ini juga diselenggarakan tindak lanjut dari Perpres Nomor 2 Tahun 2022 dan Pergub Nomor 39 Tahun 2020 tentang pengembangan kewirausahaan nasional, yang diharapkan tumbuhnya 1 juta wirausaha baru. **