MEULABOHUTU | Prestasi membanggakan di tingkat internasional kembali sukses diraih oleh mahasiswa Universitas Teuku Umar. Kali ini, prestasi membanggakan tersebut diraih oleh Lilis Sartika, Mahasiswi Prodi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UTU yang sukses raih juara 1 kategori Mr/ Mrs. Friendship KKN Internasional tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kampus BKS PTN Barat. Dengan dosen pembimbing lapangan Dr. Edwarsyah, SP., MP.

Universitas Sumatera Utara yang menjadi tuan rumah, mengadakan KKN International di Kabupaten Samosir dan Karo. KKN International ini diikuti oleh semua PTN Bagian Barat Indonesia dan Mahasiswa dari 8 Negara di Dunia. KKN Internasional ini berlangsung dari tanggal 5 Agustus – 5 September 2024 dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si menyampaikan rasa bangga dan ucapan selamat kepada mahasiswa IAN FISIP UTU, Lilis Sartika yang berhasil meraih Juara 1 Mrs Friendship di KKN International 2024, yang diselenggarakan di USU. Semoga prestasi yang membanggakan ini bisa terus ditingkatkan dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk berprestasi dan meningkatkan minat bakatnya.

Ketua LPPM PMP UTU Ir. Yuliatul Muslimah, MP didampingi Korpus KKN dan Pemagangan Sufriadi, SP., MP menyampaikan apresiasi atas pencapaian prestasi yang membanggakan kepada Lilis Sartika berhasil meraih juara di ajang Internasional yang diselenggarakan oleh Kampus BKS PTN Barat. 

“Kita akan terus mendorong dan mendukung mahasiswa untuk berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional,” kata Yuliatul Muslimah 

Lilis Sartika berhasil meraih Juara 1 Kategori Mrs.Friendship KKN Internasional 2024. Adapun indikator penilaiannya ialah keramahan, kepribadian positif, memiliki etika yg baik, berjiwa sosial yang tinggi,cepat beradaptasi, percaya diri dan berani.

Rasa kebanggaan dan apresiasi juga disampaikan oleh Dekan FISIP Basri, SH., MH yang turut didampingi Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara, Nodi Marefanda, M.A.P. Ia menyampaikan bahwa Lilis menjadi satu satunya presenter dari 14 kelompok yang mempresentasikan program kerja tim mengenai toleransi, yakni program kerja sama dengan remaja gereja untuk menghias spot wisata titik nol sandiaga Uno yang berada di halaman gereja HKBP Desa Huta Tinggi, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

“Patut berbangga, karena KKN internasional 2024 ini diikuti oleh 195 partisipan dalam negeri maupun luar negeri. Terdapat 8 negara yang berpartisipasi yaitu (Malaysia, tajikistan, Srilanka, myanmar, germany, thailand, yaman, Indonesia),” pungkas Basri (Humas UTU).