MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Internal 1 terhadap tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023 pada Kamis (24/8/2023). Bertempat di Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT) lantai 2 kampus UTU.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor yang diwakili Wakil Rektor III Universitas Teuku Umar, Ibrahim Laweung, SKM., MNSc. Monev diikuti oleh 19 tim PKM UTU yang sebelumnya berhasil lolos terdanai dari Dikti. Selain itu turut dihadiri 12 dosen pendamping, korpus PKM dan sejumlah dekan lingkup UTU.

Tujuan diadakannya monev adalah untuk mengetahui sejauh mana kematangan dari tim-tim PKM UTU dalam melaksanakan programnya. Selain itu, luaran-luaran yang nantinya akan dilaksanakan di monev terakhir akan dicek baik dari kekuatan konten maupun idenya.

Ibrahim mengungkapkan bahwa 19 tim PKM tersebut akan dibimbing intensif mulai dari awal.

“Melihat pengalaman tahun lalu yang baru saja dilibatkan menjelang PKP2, namun untuk tahun ini akan dikawal mulai dari awal sehingga program-program dari setiap tim bisa dilaksanakan dengan baik,” ujar Ibrahim

Ibrahim melanjutkan tiap tim tersebut nantinya akan didampingi dan dimentori oleh dosen pendamping serta didukung penuh oleh PKM Center.

Dilaksanakannya monev internal 1 sangat penting karena tim PKM UTU akan diasah kemampuan dan mentalnya agar siap untuk berlaga. Mengingat, pembinaan telah berlangsung sekitar satu setengah bulan. Maka dari itu, perlu adanya pemantauan terkait kemajuan dari program yang telah dijalankan oleh tim agar wawasan yang diperolehnya lebih tajam dan unggul.

“Program ini panjang dan akan berjalan selama 1 tahun, untuk itu jika tidak dipersiapkan dengan baik maka masing-masing tim akan kesulitan untuk mencapai programnya. Dalam hal ini, kami juga membutuhkan bantuan dari pihak fakultas, serta dosen pembimbing yang nantinya akan mengomunikasikan capaian program dari tiap tim ,” jelas Wakil Rektor III

“Saya lihat tim sangat potensial sekali karena mampu bersaing dengan sekian ribu tim di nasional. Kita punya target agar tahun ini bisa tembus level PIMNAS sehingga kita harus lebih intensif di awal. Saya yakin kalau usahanya bagus pasti ada hasil. Terbukti dari beberapa tahun terakhir, UTU mengalami kenaikan peringkat proposal didanai dan kita sudah menemukan suatu pola dari pengalaman kemarin,” pungkasnya. (Aduwina Pakeh /Wardah / humas UTU).