MEULABOH – UTU | Masjid Nurul Hidayah, Gampong Gunong Kleng, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat menjadi titik penutup rangkaian Safari Ramadhan 1444 Hijriah/2023 Universitas Teuku Umar, Rabu (19/04/2023).

Sebelumnya Safari Ramadhan tahun ini dilaksanakan dibeberapa titik mulai 04 April 2023 dengan mengunjungi setidaknya empat masjid dalam Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya hingga ditutup, Rabu (19/04/2023).

Dipenghujung rute Safari Ramadhan tahun ini, Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si yang diwakili Kabiro Umum dan Keuangan, Zulfirman, SE., M.Si menyampaikan apresiasi untuk masyarakat, khususnya BKM Masjid Nurul Hidayah dan seluruh jamaah yang dinilai guyup dan rukun.

Di bulan Ramadhan ini Rektor meminta masyarakat tetap menjaga persatuan, hingga nantinya Idul Fitri dapat dirayakan bersama dengan penuh kedamaian.

Zulfirman mengatakan safari ramadhan merupakan salah satu program rutin Universitas Teuku Umar yang digelar sejak tahun 2018 lalu.

“Ini salah satu kegiatan bermanfaat, dan sudah dilakukan selama 6 tahun berturut-turut sebagai penyemangat untuk melakukan ibadah,” Ujar Zulfirman yang juga mengatakan Safari Ramadan sebagai salah satu cara bertatap muka dan bersilaturahmi langsung dengan masyarakat, mengajak sivitas kampus untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Dalam kesempatan tersebut, Zulfirman turut menyampaikan perkembangan kampus baik dalam bidang infrastruktur, sumber daya dan mahasiswa. “Alhamdulillah saat ini UTU memiliki 20 prodi dengan jumlah mahasiswa totalnya sebanyak 8 ribu lebih, dominannya dari Aceh Barat dan Nagan Raya,” jelasnya.

Alhamdulillah pada tahun ini yaitu semester depan UTU akan membuka dan menerima mahasiswa Program Pascasarjana jenjang S2.

Selanjutnya tausiah Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz M. Nasir, MA (Dosen Fakultas Ekonomi UTU) dengan tema tentang Zakat Fitrah pembersih jiwa.

Ustadz M. Nasir mengungkapkan banyak hadist yang menyebutkan tentang zakat fitrah, diantaranya yaitu Hadist dari Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda yang bermaksud: Rasulullah mewajibkan zakat fitrah bagi ummatnya yang telah menjalankan ibadah puasa sebagai bentuk pembersih dari segala pekerjaan sia-sia dan ucapan yang kotor, zakat fitrah juga merupakan bentuk kepedulian seseorang terhadap orang miskin dengan memberikan makanan pokok, kewajiban zakat fitrah tersebut harus ditunaikan sebelum sholat ied berlangsung, jika ditunaikan setelah sholat ied maka fitrah tersebut dianggap sedekah biasa (H.R. Abu Daud).

Sementara gurunya imam Syafi’i yang bernama waki’ ibn al-Jarrah menyebutkan bahwa zakat fitrah itu ibarat sujud sahwi dalam sholat yang dapat menutupi kekurangan sholat, begitu juga fitrah dapat menutupi kekurangan ibadah puasa.

Secara moral dan psikologis, zakat bermanfaat untuk mengikis sikap tercela seperti kikir. Zakat juga berfungsi untuk melembutkan hati si pemberi zakat dan dapat mendatangkan ketenangan jiwa. Secara sosial, zakat bermanfaat untuk mengurangi beban hidup saudara kita yang membutuhkan, memperbaiki dan memperkuat hubungan antara orang kaya dan orang miskin, menghapus sifat iri dan dendam pada hati orang miskin terhadap orang kaya serta zakat dapat memperkokoh persatuan ummat.

Kegiatan Safari Ramadhan ini diawali dengan buka puasa bersama dengan masyarakat, sholat magrib, isya dan tarawih bersama. Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan sertifikat cendera mata dari tim Safari Ramadhan UTU oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan didampingi oleh Ketua Pelaksana Safari Ramadhan UTU Ir. Sulaiman Ali, ST., MT  kepada Kechik Gampong Gunong Kleng yang diwakili Sekgam, Hamidi, S.Pi., M.Si serta turut didampigi Imum Chik Masjid Nurul Hidayah Gampong Gunong Kleng. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).