MEULABOH, UTU – Mahasiswa Universitas Teuku Umar bernama Siti Arafah Carolina dari Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat meraih Juara Harapan I Duta Bahasa Provinsi Aceh 2023 yang diserahkan di Hotel Ayani, Banda Aceh pada tanggal 24 Juni 2023. Dari 5 orang perwakilan UTU yang berhasil lolos dari tahap wawancara I serta mengikuti masa prakarantina dan karantina sebanyak 2 orang, di antaranya Maulana Rafinda dan Siti Arafah Carolina.

Mereka berdua berhasil membawa nama baik UTU di tingkat provinsi sebagai satu-satunya perwakilan wilayah Barat-Selatan Aceh. Sebelumnya, kedua mahasiswa UTU ini mengikuti masa prakarantina sejak 22 – 23 Juni 2023 di Balai Bahasa Aceh. Pada masa prakarantina mereka mendapatkan materi terkait wicara publik, literasi, dan penyusunan krida bahasa. Pada tanggal 23 – 24 Juni 2023 dilaksanakan karantina di Hotel Ayani, Banda Aceh. Selama masa karantina sebagai Finalis Duta Bahasa Aceh, keduanya mengikuti rangkaian kegiatan penilaian berupa unjuk bakat, pengambilan foto, wawancara mendalam, kepribadian, presentasi krida bahasa, hingga koreografi.

Penobatan Duta Bahasa Provinsi Aceh dilangsungkan pada pukul 20.30 – 23.50 Wib tanggal 24 Juni 2023 di Hotel Ayani, Banda Aceh. Dari 10 pasang finalis, disishkan menjadi 5 pasang finalis. Salah satunya, mahasiswa UTU yang bernama Siti Arafah Carolina berhasil menduduki 5 besar Finalis Duta Bahasa Aceh dan mengikuti penilaian tanya jawab langsung dengan dewan juri. Ananda Siti Arafah Carolina mendapatkan pertanyaan dari Kasubbag Umum Balai Bahasa Bapak Agus Priatna, S.E, Ak, M.M. terkait krida bahasa yang dirancang.

Hasil penilaian diumumkan pada puncak acara pada pukul 11.30 Wib sekaligus penobatan Duta Bahasa Aceh 2023. Nama Siti Arafah Carolina disebutkan pada juara harapan I Duta Bahasa Aceh 2023. Para pemenang nantinya akan bertugas sesuai tanggung jawab sebagai duta bahasa dan sekaligus menjadi anggota Ikatan Duta Bahasa. Harapannya, para pemenang nantinya dapat menjadi agen perubahan di masyarakat terkait literasi dan kebahasaan, terutama dalam merevitalisasi bahasa daerah. 25 Juni 2023 para finalis duta bahasa check out dari hotel  dan kedua mahasiswa UTU kembali ke Meulaboh.