MEULABOHUTU | Silvi Aditya Ningsih, mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar berhasil meraih Juara 1 Lomba Orasi Ilmiah pada ajang bergengsi nasional yaitu Pekan Kreativitas Mahasiswa Nasional dan Internasional (PKMNI) Unimal Bidikmisi Competition (UBC) 2023 Jilid III.

Kegiatan tersebut  dilaksanakan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Malikussaleh (FORMADIKSI UNIMAL) pada Jumat, 23 Juni 2023 yang berlangsung di GOR ACC Cunda, Lhokseumawe.

Selain itu, dalam kompetisi tersebut, Mahasiswa UTU lainnya atas nama Putri Azizah yang juga dari Prodi Kesehatan Masyarakat mampu meraih juara Harapan 3 dikategori yang sama yaitu orasi ilmiah setalah berhasil mengalahkan 5 tim dari universitas lainnya di Indonesia.

Adapun UTU mengirimkan 4 mahasiswa di kompetisi tersebut. Dua lainnya adalah Aulia Artika dari Prodi Kesehatan Masyarakat dan Arya Gading Harahap dari Prodi Akuakultur.

Silvi kepada media UTU News menyebutkan kegiatan tersebut merupakan kompetisi nasional dan internasional yang diselenggarakan dengan empat kategori lomba yaitu Esai ilmiah, Orasi ilmiah, Debat ilmiah dan Kisah Inspiratif serta international Essay Competition.

Lanjutnya pada ajang perlombaan karya tulis ilmiah tersebut panitia mengundang 11 Finalis untuk Orasi Ilmiah yang  mempresentasikan karyanya di Universitas Malikussaleh pada babak grand final.

“Alhamdulillah kita berhasil mempersembahkan juara 1 dan harapan 3 untuk kategori orasi ilmiah,” pungkas Silvi.

Berikut nama para peraih juara kategori Orasi Ilmiah

Juara 1 : Silvi Aditya Ningsih (Universitas Teuku Umar)
Juara 2 : Olivia Shinta Rahayu (Universitas Malikussaleh)
Juara 3 : Aji Joko Sutrisno (UMSU Sumatera Utara)
Harapan 1 : Luki Alvino (Universitas Riau)
Harapan 2 : Anggi Nurmalita (UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto), dan
Harapan 3 : Putri Azizah (Universitas Teuku Umar). (Aduwina Pakeh / Humas UTU).