MEULABOHUTU | Ego Ibnu Wijaksena, mahasiswa semester 6 program studi Agribisnis Fakultas Pertanian sukses meraih beasiswa desamind berpijar yang diadakan oleh desamind indonesia dan bekerjasama dengan Global Future X.

Setelah melalui rangkaian proses Seleksi administrasi & Proyek Sosial, Seleksi presentasi proposal proyek sosial, dan seleksi wawancara pada bulan April-Mei berakhir pada 21-23 Mei 2023 dan Rapat Pleno pada 23 Mei 2023 oleh Juri dan Panitia Beasiswa Desamind Indonesia menetapkan awardee.

Ego menjadi salah satu diantara 5 (lima) mahasiswa penerima beasiswa desamind dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Ego Ibnu Wijaksena (Universitas Teuku Umar), Devi Nurbaeti (Universitas Brawijaya), Lalu Junaedi Halki (Lombok Institute of Technology), Putri Felita (Universitas PGRI Yogyakarta), dan Ramel Akil Pratama (Institut Teknologi Bandung). (https://desamind.id/2023/05/27/pengumuman-tahap-akhir-beasiswa-desamind-berpijar/)

Dengan total 440 Pendaftar dan 30 Finalis ditahap seleksi Interview yang telah mengikuti setiap tahapannya.  Dalam pengajuan beasiswa desamind ini diwajibkan untuk menyusun program rencana kedepan setelah berhasil menjadi awardee.

Ego Ibnu Wijaksena menawarkan sebuah gagasan proyek sosial yang berjudul “Pengembangan Usaha Ikan Asap Yang Terjamin Keamanan Pangannya Sebagai Penyumbang Pendapatan Keluarga Melalui Partisipasi Perempuan Dan Pemuda Guna Mendukung Ekosistem Gambut Yang Lestari”, untuk menindaklanjuti Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPPK ORMAWA) yang berhasil dibiayai Kemendikbudristek tahun 2022 di Desa Sumber Bakti Nagan Raya.

Perlu diketahui desa tersebut telah mendapatkan pendampingan mahasiswa Universitas Teuku Umar dari berbagai prodi (Agribisnis, Agroteknologi, Hukum dan Kesehatan Masyarakat) tahun 2022 menuju Gampong Berketahanan Iklim di Lahat Gambut

Beasiswa ini mendapat bantuan dana pendampingan dan dana proyek sosial. Juga mendapat mentoring dan kelas pembinaan untuk realisasi program.

Desamind Indonesia (https://desamind.id) selaku pemberi beasiswa menargetkan dengan adanya ide dan program yang diajukan oleh para awardee dapat direalisasikan bersama dengan para Lilin-lilin desa di Indonesia serta berkolaborasi dengan organisasi penggerak akar rumput lainnya.

Rasa bangga dan ucapan terima kasih disampaikan Dekan FP UTU, Ir. Rusdi Faizin melalui Ketua Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian UTU, Teuku Athaillah, SP, M.Si atas prestasi yang diraih mahasiswanya.

“Kami sangat berterima kasih dan bangga atas capaian yang telah diraih mahasiswa kami Ego Ibnu Wijaksena menjadi salah satu awardee dalam program beasiswa desamind berpijar, Ego berhasil menjadi satu dari 5 penerima beasiswa dari berbagai kampus di Indonesia,” kata Athaillah.

Jelasnya, hal tersebut merupakan percapaian yang luar biasa dalam mendukung visi misi Universitas dan pencapaian IKU, terutama aspek yang berkaitan dengan mahasiswa, kami di Program Studi selalu mengupayakan membantu dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengikuti ajang atau kompetisi nasional dan internasional. “Kami juga berusaha menciptakan mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa entrepreurship sebagai salah satu luaran kompetensi,” lanjutnya.

T. Athaillah mengungkapkan harapannya dengan adanya prestasi seperti Ego itu dapat memotivasi mahasiswa lainnya. “Harapannya semoga mahasiswa lainnya termotivasi untuk berprestasi seperti yang telah dicapai Ego dan juga buat Ego terus berprestasi,” tutup beliau.

Sementara itu, Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menyampaikan selamat dan apresiasi atas karya dan prestasi yang diraih oleh Ego Ibnu Wijaksena, apalagi ini adalah kali pertama partisipasi UTU dalam program bergengsi ini.

“Alhamdulillah prestasi yang diraih oleh mahasiswa kita ini patut kita syukuri, mahasiswa kita mampu bersaing dan berhasil mengharumkan nama UTU di kancah Nasional” Kata Dr. Ishak

UTU menjadikan agro and marine industry sebagai core product nya, tentu dengan gagasan Ego Ibnu Wijaksena dari Fakultas pertanian diharapkan dapat menjadi inspirasi dan referensi dalam bidang pertanian.

“Semoga rancangan program usaha Ikan Asap dapat menyumbang pendapatan keluarga melalui partisipasi perempuan dan pemuda guna mendukung ekosistem gambut yang lestari di desa Sumber Bakti, Nagan Raya,” (Aduwina Pakeh / Humas UTU).