MEULABOHUTU | Sebanyak 22 mahasiswa beserta pegawai pendamping Kolej Sultan Alaeddin Sulaeman Shah (KOSASS) Universiti Putra Malaysia (UPM) melaksanakan mobilitas dan pertukaran budaya ke Universitas Teuku Umar (UTU), pada tanggal 24 November – 8 Desember 2023.

Mahasiswa tersebut berasal dari lintas jabatan/jurusan yang tergabung dalam Barisan Majelis Perwakilan Kolej. Kunjungan mahasiswa UPM Malaysia ini bertujuan untuk melihat lebih dekat aktivitas dan fasilitas di Universitas Teuku Umar serta bertukar budaya antara Malaysia dan Indonesia, khususnya Aceh.

Adapun kegiatan ini merupakan bagian dari Inbound Student Mobility Program yang diselenggarakan kerjasama oleh Center for International Affair (CIA) UTU dengan UPM Malaysia.

Kedatangan tamu dari Negeri Jiran ini disambut dengan baik dan ramah oleh Rektor dan segenap unsur pimpinan lainnya serta oleh sejumlah mahasiswa UTU. Bahkan delegasi KOSASS UPM dijamu khusus pada acara gala dinner yang berbarengan dengan kegiatan Raker Konsorsium Kerjasama Riset dan Abdimas 2023.

Koordinator Pusat CIA Refanja Rahmatillah, M.App.Ling kepada Humas UTU menyampaikan bahwa kedatangan sejumlah mahasiswa dari KOSASS UPM tersebut dalam rangka student mobility yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman global dan memperluas wawasan akademik dan sosial mahasiswa. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengalami budaya serta lingkungan belajar di kampus Universitas Teuku Umar.

“Kami senang karena mereka begitu antusias dengan kegiatan yang kita jalankan. Pada kesempatan-kesempatan seperti inilah kita bisa saling bertukar ilmu dan wawasan maupun pengalaman akademik dari masing-masing kampus,” kata Refanja di sela-sela kunjungan mahasiswa UPM Malaysia.

Kunjungan yang bertajuk KOSASS Tour A Culture 4.0 (KTAC 4.0)rencananya akan dibuka secara resmi pada senin (27/11/2023) di Auditorium GKT, Kampus UTU.

Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr Ishak Hasan, M.Si menyambut baik kedatangan mahasiswa dari UPM Malaysia. “Ini satu momentum yang baik bagi mahasiswa UTU untuk memanfaatkan kesempatan untuk saling bertukar informasi dan pengalaman bersama mahasiswa UPM,” katanyaa

Program ini kata Rektor, tidak hanya memberikan manfaat akademik, tetapi juga pengalaman yang berharga. Mahasiswa akan dapat mengembangkan pemahaman mendalam tentang memperkuat keterampilan bahasa asing, dan membangun jaringan kontak internasional yang berharga untuk masa depan karier mereka.

Universitas Teuku Umar juga memiliki jaringan mitra yang cukup luas untuk memastikan pengalaman belajar yang terbaik bagi mahasiswa yang terlibat dalam program ini. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).