MEULABOHUTU | Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan relevansi pendidikan tinggi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Prodi teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar kembali melaksanakan kuliah lapangan untuk mata kuliah Metrologi Kontrol Kualitas di UPTD Metrologi Legal Kabupaten Aceh Barat pada Rabu hingga Jumat (22-24/11/2023).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 23 orang mahasiswa Prodi Teknik Mesin  dengan didampingi dua orang dosen yaitu Dr. Pribadyo, ST., MT dan Herri Darsan, ST., MT.

Studi lapangan ini dalam rangka mengetahui lebih dalam mengenai alat bantu alat ukur yang berada di UPTD Metrologi Aceh Barat.

Dalam kunjungan ini para mahasiswa dibawa untuk melihat secara langsung semua alat ukur yang berada di semua laboratorium yaitu laboratorium Tangki Ukur mobil, laboratorium Meter Arus Kerja, Laboratorium Timbangan, dan Laboratorium Meter Air.

Sebelum melakukan kunjungan ke laboratorium para mahasiswa tersebut menerima penjelasan mengenai metrology dan profil UPTD Metrologi Legal Kabupaten Aceh Barat dan ilmu metrologi secara umum yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Dan UMKM Kabupaten Aceh Barat Bapak Fauzi, SH yang turut didampingi Kepala UPTD Metrologi Legal Kabupaten Aceh Barat bapak Abdul Jalil, ST.

Dalam sesi ini para mahasiswa terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan dari narasumber, ini terlihat dari banyaknya para mahasiswa bertanya berbagai hal mengenai alat-alat ukur, takar, timbang dan bejana ukur untuk berbagai keperluan.

Fauzi, SH dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan kuliah lapangan menyampaikan peran perguruan tinggi melalui program studi yang diselenggarakannya harus mampu menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang siap berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa.

Karenanya Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Dan UMKM Kabupaten Aceh Barat yang dalam hal ini UPTD Metrologi Legal memberikan kesempatan luas bagi mahasiswa Teknik Mesin UTU untuk belajar secara langsung, imbuhnya.

Kuliah lapangan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut adalah tindaklanjut atas kerjasama yang sudah terjalin selama 2 (dua) tahun antara prodi teknik mesin UTU dengan UPTD Metrologi Legal Kabupaten Aceh Barat.

Sementara Dr. Pribadyo, ST., MT yang juga Ketua Jurusan Teknik Mesin UTU dalam kesempatannya menyampaikan  pentingnya interaksi perguruan tinggi dengan masyarakat, institusi di luar kampus, dan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) harus dibangun secara efektif sehingga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk melakukan berbagai aktivitas di luar kampus dalam rangka memperoleh pengalaman belajar yang kontekstual, paparnya.

Lebih lanjut kebenaran pengukuran menjadi suatu hal yang sangat penting dalam menjamin kesesuaian suatu produk terhadap standar yang diacu, khususnya jaminan bahwa pengukuran yang dilakukan dalam memproduksi barang tersebut telah sesuai termasuk bagaimana menguji kesesuaian produknya, karenanya dalam kuliah tersebut dijelaskan juga perihal kalibrasi alat ukur, tambahnya. (Humas UTU).