MEULABOHUTU | Mahasiswa Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar melaksanakan seminar K3 yang dilaksanakan Selasa (11/6/2024) di Aula Cut Mutia, Kampus UTU.

Kegiatan tersebut mengangkat tema yang bertajuk “Manajemen Risiko Kecelakaan di tempat Kerja” yang juga diikuti oleh mahasiswa dari berbagai prodi yang ada di Universitas Teukuk Umar.

Adapun kegiatan ini adalah program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Prodi K3 FKM UTU dalam belajar meningkatkan aktifitas dan kreatifitas mahasiswa, sebagai Narasumber dalam kegiatan ini diundang sebagai pemateri dari PT MIfa Bersaudara. Laporan M. Arqia Fathur Ramadhan selaku ketua panitia.

Jun Musnadi Is, SKM., M.Kes sebagai Ketua Program Studi K3 dalam kesempatannya menjelaskan Prodi K3 FKM UTU merupakan salah satu prodi yang baru lahir dari Rahim FKM yaitu pada tanggal 5 juli 2023 tahun lalu. 

Adapun yang melatarbelakangi hadirnya Prodi K3 adalah makin pesatnya pertumbuhan lahan pekerjaan diindonesia khususnya wilayah aceh barat selatan seperti Perusahaan tambang, Perkebunan sawit  dan industri-industri lainnya yang dalam pelaksanaanya membutuhkan tenaga kerja bidang Keselamatan dan Kesehatan kerja atau ahli K3 dalam meningkatkan produktifitas kerja. 

Dekan FKM UTU Dr. T. Alamsyah, SKM., MPH dalam sambutannya menyampaikan bahwa manajemen risiko ini maksudnya bagaimana mengatur peraturan yg harus diikuti ditempat kerja guna menghindari kecelakaan kerja, dengan adanya manajemen risiko ini diharapkan kan tdk lagi menimbulkan kecelakaan ditempat kerja akibat ketidak hati hatian dalam bekerja.

Harapannya mahasiswa peserta seminar k3 hari ini bisa menukar pengalaman pengetahuan serta memahami tentang manajemen risiko kecelakaan ditempat kerja dan juga harus kreatif untuk pemahaman pengalaman kerja yang disampaikan narasumber. Gunakan kesempatan ini utk meningkatkan pengetahuan dalam seminar K3 untuk meningkatkan kompetensi bagi mahasiswa dan juga semoga kedepan prodi k3 lebih banyak peminatnya.

Muhammad Khair Pane Sitorus sebagai narasumber menyampaikan bahwa Manajemen risiko disini juga berarti mengelola risiko agar bisa mengurangi bahkan meniadakan kecelakaan ditempat kerja karena biangkeroknya K3 adalah bahaya (hazard), dan kita harus bisa mengenali risiko ditempat kerja agar bisa dilakukan upaya pengendaliannya.

Terakhir raharu juga disampaikan narasumber untuk panitia mahasiswa prodi K3 yang berjumlah hanya 9 orang tetapi bisa dan mampu membuat kegiatan yang hebat dan bagus sebesar ini. Kelak prodi kK3 FKM UTU bisa melanjutkan kegiatan yang lainnya dengan palaksanaan kerjasamanya Bersama PT Mifa Bersaudara. (Humas UTU).