MEULABOHUTU | Dua mahasiswa Universitas Teuku Umar kembali menorehkan prestasi membangggakan dengan menyabet juara 1 dalam perlombaan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional yang di gelar di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Sabtu (29/6/2024).

Kedua mahasiswa tersebut yaitu Lilis Sartika dan Noka Omalia yang merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Keduanya merupakan mahasiswa berprestasi yang sering memenangkan kompetisi baik secara regional maupun nasional.

Kegiatan yang diberi nama Unimal Constitutional Week (UCW) II Tahun 2024 yang di gelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas hukum Universitas Malikussaleh mengusung tiga agenda besar yaitu Seminar Internasional, Debat konstitusi nasional dan Karya Tulis Ilmiah.

Selain Universitas Teuku Umar, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) juga diikuti oleh 5 Universitas Hebat lainnya di Indonesia di antaranya, Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang, Institut Agama Islam Negeri Palopo (IAIN)Palopo, Universitas Andalas (UNAND) Padang, Institut Agama Islam Negeri Langsa (IAIN) Langsa, dan Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe.

Lilis saat dikonfirmasi media UTU News mengucapkan rasa syukur mereka karena berhasil memenangkan lomba tersebut.  Lomba LKTI ini memiliki dua tahapan yakni, tahapan pertama para peserta diwajibkan untuk membuat paper yang sub tema yang ditentukan. Selanjutnya baru proses pelaksanaan presentasi secara langsung.

Atas capaian prestasi yang membanggakan tersebut, mendapatkan apresiasi dari Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, H Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc.

“Saya sangat bangga dengan banyaknya mahasiswa yang antusias untuk mengukir prestasi. Semoga hal ini menjadi pacuan untuk mahasiswa lainnya agar semangat berprestasi” tutur Ibrahim

Hal senada disampaikan oleh Kaprodi Ilmu Administrasi Negara, Nodi Marefanda, M.A.P mengatakan, capaian yang diraih mahasiswanya akan berdampak pada indikator kinerja utama universitas.

“Prestasi tersebut menunjukkan keunggulan mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain. Capaian ini juga berimbas kepada indikator kinerja utama perguruan tinggi khususnya Prodi Ilmu Administrasi Negara,” tutur Nodi. (Humas UTU).