MEULABOHUTU| Kuliah matrikulasi merupakan kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh Program Studi Sosiologi Program Magister, FISIP Universitas Teuku Umar bagi mahasiswa baru. Kegiatan yang diselenggarakan sebelum pelaksanaan perkuliahan reguler ditujukan untuk menyegarkan (me-refresh) memori mahasiswa baru terhadap beberapa mata kuliah yang pernah dipelajari sewaktu berkuliah pada jenjang S1.
Selain itu juga sekaligus memberikan gambaran mengenai kondisi, fasilitas, sistem pendukung dan pendidikan yang ada di Universitas Teuku Umar

Kuliah perdana dan matrikulasi yang diikuti oleh semua mahasiswa baru Magister Sosiologi ini di buka oleh Dekan FISIP UTU Basri, SH., MH dengan menghadirkan pemateri Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc selaku Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kerjasama. Turut hadir Wakil Dekan I FISIP Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si dan sejumlah pejabat lainnya.

Dekan FISIP, Basri, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru Magister Sosiologi UTU. “Alhamdulillah sejak semester genap TA 2023/2024 lalu, Magister Sosiologi sudah mendapat izin operasional dari kemendikbudristek untuk melaksanakan perkuliahan. Pertemuan hari ini merupakan pembukaan perdana angkatan II perkuliahan Prodi Sosiologi Program Magister”, ujar Dekan

“Syukur alhamdulillah, Bapak dan ibu telah mendapat kesempatan untuk melanjutkan studinya di kampus UTU. Program Magister Sosiologi akan terus membuka ruang kesempatan yang luas untuk berkontribusi bagi lingkungan dan masyarakat”, lanjut Dekan

Sementara itu, Koordinator Prodi Sosiologi Program Magister, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si berharap, Mahasiswa baru Magister Sosiologi ini dapat menjalankan perkuliahan dengan lancar, baik secara akademik maupun penyusunan tesis nantinya.

“Matrikulasi yang dilaksanakan pada hari ini merupakan kegiatan bidang akademik yang mendukung pembelajaran diperkuliahan Magister Sosiologi dan tentunya menggambarkan warna akademik kepada para peserta khususnya yang studi S1 nya tidak berasal Prodi Sosiologi”, harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. M. Aman Yaman. Beliau menyatakan bahwa para mahasiswa magister ini adalah orang-orang pilihan yang akan menjalani perkuliahan dengan baik di kampus UTU.

Saya optimis para mahasiswa ini akan melakukan banyak gebrakan dengan inovasi-inovasinya yang sangat berdampak untuk meningkatkan mutu pendidikan. Akan banyak manfaat yang bisa dikembangkan untuk masyarakat, apalagi Sosilogi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat dari berbagai aspek kehidupan.

“Saya berharap para mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan seksama, serta dapat menyelesaikan dalam tempo waktu 4 semester,” kata M. Aman Yaman.

Tampak seluruh peserta yang mengikuti terlihat antusias, aktif dan serius mengikuti matrikulasi ini. (Aduwina Pakeh).