MEULABOHUTU | Kiprah gemilang dalam dunia pendidikan kembali dibuktikan oleh Wisudawan Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) pada wisuda tahap VII Tahun Akademik 2023/2024 pada 17 Juli 2024 2023 lalu.

Dr. Wira Hadiyanto menjadi lulusan S3 Doktoral di Program Studi Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman (PBT), Fakultas Pertanian, IPB University meraih predikat lulusan terbaik dengan pencapaian IPK sempurna, yaitu 4,00.

Wira sapaan akrabnya yang merupakan salah satu dosen di prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar ini  berhasil menyelesaikan masa studi S3 dalam kurun waktu yang sangat singkat yaitu 2 tahun 8 bulan.

Wira sebelumnya berhasil menyelesaikan S1 pada Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Teuku Umar pada tahun 2012 dan pendidikan magister di Program Studi Agroekoteknologi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Syiah Kuala, dan menyelesaikannya pada tahun 2015.

Pria kelahiran Nagan Raya, 17 Mei 1989 ini berhasil menyelesaikan disertasinya dengan menggali permasalahan “Resistensi terhadap Hama Wereng Batang Coklat dan Toleransi Kekeringan pada Galur-Galur Dihaploid Padi Sawah Berdaya Hasil Tinggi.”

Dari penelitiannya tersebut, Wira menghasilkan dua karya ilmiah yang telah dipublikasikan di jurnal internasional terindeks Scopus. Karya ilmiah pertama berjudul “Selection index and agronomic characters of doubled haploid rice lines from anther culture” dipublikasikan di jurnal Biodiversitas (Q3), sementara karya ilmiah kedua berjudul “Agronomic performance, yield stability and selection of doubled haploid rice lines in advanced yield trials” dipublikasikan di jurnal AIMS Agriculture and Food (Q2).

Pencapaian anak dari pasangan Dahlan Ali dan Salamah ini tentunya tidak lepas dari dedikasi dan kerja keras Dr. Wira dalam mengejar ilmu dan menghasilkan karya penelitian yang berkualitas. Dengan begitu, ia tidak hanya memberikan inspirasi kepada rekan dan mahasiswa, tetapi juga membuktikan bahwa keunggulan akademik dapat diraih dengan komitmen dan kerja keras yang konsisten.

Prestasi gemilang yang diraih oleh suami dari Fina Syafia Jurini ini dia dedikasikan kepada keluarga tercinta, almamaternya Universitas Teuku Umar. Wira merupakan penerima bantuan beasiswa dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbudristek RI tahun 2021.

Saat dikonfirmasi Humas UTU, Wira menjelaskan bahwa menempuh pendidikan S3 merupakan sebuah proses pembelajaran jangka panjang. Proses studi yang tentunya sangat jauh berbeda dengan program S1 dan S2.

Disini konsistensi mahasiswa sangat diuji. “Kuncinya pada pengelolaan diri,” ujar Wira yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Prodi Agroteknologi UTU.

Menurutnya, hasil yang diperolehnya saat ini bukanlah suatu proses yang singkat tetapi juga akumulasi dari proses yang panjang. Sejak memasuki kuliah di level S1 Wira telah membiasakan diri mempersiapkan segala sesuatunya secara matang dengan penuh kedisiplinan serta melakukan manajemen waktu dengan baik. (Humas UTU).