MEULABOH, UTU – Dalam rangka melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, Universitas Teuku Umar melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melaksanakan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, di Takengoh Jumat 19 Mei 2023. Rombongan UTU langsung diterima oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Musrin, M.Si.

Koordinator Pusat Kuliah Kerja Nyata Universitas Teuku Umar, Teungku Nih Farisni, SKM, M.Kes kepada UTUNews menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah dalam rangka penempatan mahasiswa KKN Regular Angkatan 20 Tahun 2023 di Kabupaten Aceh Tengah. Ditambahkannya bahwa, adapun peserta yang akan di distribusikan di Kabupaten Aceh Tengah adalah berjumlah 761 mahasiswa dari 6 Fakultas dan 17 Program Studi yang tersebar di 127 desa di Kabupaten Aceh Tengah.

Sementara itu, Ketua LPPM UTU, Ir. Yuliatul Muslimah, MP mengatakan bahwa kriteria yang menjadi desa penempatan peserta KKN ialah desa-desa yang jauh dengan daerah perkotaan agar perguruan tinggi dapat menyentuh desa-desa terpencil serta dapat mengabdi bersama masyarakat untuk meningkatkan pemanfaatan sumber pangan lokal dan peningkatan status  gizi.

Menurutnya ini penting sebagai upaya menciptkan penerus bangsa yang berkualitas dan bedaya saing tinggi. Dilanjutkannya, adapun tema yang diangkat adalah pemanfaatan produk pangan lokal dan peningkatan indeks desa membangun sebagai upaya pencegahan stunting yang dimana program tersebut merupakan bagian dari nawacita Presiden Republik Indonesia untuk menuju bonus demografi 2045. (Ikhsan, S.E.,M.Ak/Redaktur UTUNews)