MEULABOH – UTU | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPM PMP) Universitas Teuku Umar menggelar Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Rencana strategis ( Renstra ) dan Rencana Induk Penelitian ( RIP) LPPM-PMP tahun 2025-2030. Acara tersebut berlangasung dari tanggal 29   September sampai 1 Oktober 2024 bertempat di Hotel The Pade kota Banda Aceh,

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor 1, Wakil  Rektor 2, ketua LPPM-PMP, kepala Biro AKPK, kepala Biro Umum dan Keuangan, Sekretaris LPPM-PMP serta seluruh Tim yang terlibat dalam penyusunan Renstra dan RIP LPPM-PMP serta seluruh panitia dari unsur LPPM-PMP.

Ketua LPPM-PMP Ir. Yuliatul Muslimah, MP dalam  sambutannya mengajak semua pihak yang terlibat dalam penyusunan Renstra dan RIP agar  berpartisipasi aktif dalam Menyusun rencana yang strategis dan  relevan sesuai  isu nasional maupun Internasional, serta menjawab kebutuhan masyarakat. 

“dengan adanya Renstra dan RIP yang terstruktur, LPPM-PMP ke depan bisa lebih efektif dalam memfasilitasi Riset dan kontribusi yang berdampak luas pada dunia akademik serta masyarakat luas tegasnya” kata Ir. Yuliatul Muslimah

Rektor UTU yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 Dr.Ir. M. Aman Yaman, M.Agric,Sc dalam kesempatannya mengatakan Penyusunan Rencana Strategis dan Rencana Induk Penelitian harus  merunjuk pada Visi dan Misi Universitas Teuku Umar yaitu Agro Merine  yang tujuan utamanya adalah meningkatkan produktifitas akademik dan kontribusi pada pengembangan masyaraakat.

Pentingnya dokumen Renstra dan RIP sebagai pedoman strategis untuk masa depan Lembaga  LPPM-PMP dalam meningkatkan daya saing baik tingkat Nasional dan Global, serta mendorong inovasi penelitian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan juga beliau menekankan agar dosen untuk berkolaborasi antara dosen, mahasiswa dan stakeholder lainnya guna mencapai visi universitas Teuku umar sebagai pusat penelitian dan pengabdian yang unggul.

Kegiatan tyang di Moderator langsung oleh Herri Darsan,ST,. MT yang juga sekrtaris LPPM-PMP dan Nellis Mardhiah, Dosen Fisip Universitas Teuku Umar ini menghadirkan dua narasumber utama yaitu Prof. Dr. Mudasir, M.Kes dari Universitas Syiah Kuala dan Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc dari Universitas Teuku Umar.

FGD ini diakhiri dengan diskusi yang berlangsung aktif dengan berbagai masukan dan saran konstruktif dari beberapa peserta, 

FGD ini merupakan Langkah awal yang penting dalam proses penyusunan Renstra dan RIP, Seluruh masukan dan rekomendasi yang diperoleh dari diskusi akan menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan dokumen yang diharapkan dapat diselesaikan dalam beberapa kedepan dan diharapkan setiap tahapan penyusunan rencana strategis ini, sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Teuku Umar yaitu Agroe and Merin.( Aduwina/ Humas)