MEULABOHUTU | Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPM PMP) Universitas Teuku Umar menyelenggarakan Pelatihan peningkatan ketrampilan dasar tehnik Intruksional (PEKERTI) bagi Dosen tahun 2024. Kegiatan ini dikoordinir langsung dibawah Pusat Pengembnagan Sumber Daya Manusia (P2SDM).

Kegiatan PEKERTI ini telah dilaksanakan sejak tanggal 19 samapai 23 Agustus 2024 yang diikuti oleh 49 Dosen. Untuk menyukseskan kegiatan ini, P2SDM menghadirkan narasumber dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Pelatihan yang berlangsung secara daring ini bertujuan untuk membekali dosen agar dapat melaksanakan proses pembelajaran yang serasi dengan tuntutan masyarakat dalam pengembangannya.

Kegiatan dibuka oleh Rektor UTU yang diwakili Wakil Rektor II Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd dan dihadiri Ketua LPPM PMP Ir. Yuliatul Muslimah, MP, Koordinator P2SDM , Dr. Uswatun Hasanah, M.Si dan sejumlah pejabat fungsional lingkup LPPM PMP UTU.

Sertifikat kelulusan Pekerti juga menjadi syarat utama bagi dosen untuk mengajukan sertifikasi. Ketua LPPM PMP Ir. Yuliatul Muslimah, MP menyampaikan, tujuan utama pelatihan yakni untuk membekali dosen agar memiliki kemampuan pedagogik.

“Tujuannya agar para dosen dapat mengemas pembelajaran yang efisien dan efektif, serta proses pembelajaran mahasiswa terlayani dengan baik. Adapun target Pekerti, yaitu dosen mampu mendesain pembelajaran dalam bentuk rencana pembelajaran semester serta mendesain asesmen agar proses pembelajaran dapat seimbang,” ungkapnya.

Prof Nyak Amir dalam sambutannya saat membuka kegiatan PEKERTI menyampaikan pelatihan Pekerti sangat penting bagi dosen guna mengembangkan profesionalisme. Sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, beban kerja dosen mencakup kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian. Di samping itu dosen melaksanakan tugas tambahan dan pengabdian kepada masyarakat.

Tugas utama dosen yaitu mentransformasikan, mengembangkan, serta menyebarkan iptek dan seni. Adapun kegiatan dosen meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Melalui pelatihan Pekerti, diharapkan para dosen dapat mengemas proses pembelajaran secara efisien, efektif, dan menyenangkan, guna mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan dan mengevaluasi hasil pembelajaran yang ditujukan untuk peningkatan kualitas berkelanjutan,” jelas Prof Nyak Amir

Pada kegiatan penutupan, Ketua LPPM-PMP yang diwakili oleh Ahmad Fauzi, S.Pd selaku Koordinator Pengelola Keuangan mengatakan Pelatihan PEKERTI yang telah dilaksanakan beberapa hari terakhir ini merupakan program penting dalam upaya meningkatkan kompetensi para dosen bidang pedagogic.

Pelatihan ini bukan sekedar kegiatan Rutinitas, tetapi merupakan Investasi besar bagi pengembnagan kualitas pendidik dikampus kita ini. Melalui pelatihan ini, katanya, kita berharap para dosen dapat lebih memahami strategi pembelajaran yang efektif, mampu merancang kurikulum yang adaptif, dan memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih interaktif dan berorientasi tentunya pada Mahasiswa.

Selanjutnya Ahmad Fauzi menyampaikan, para peserta pelatihan telah mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru yang akan sangat berguna dalam menjalankan tugas sebagai pendidik, Namun tentu saja pelatihan ini bukanlah akhir, Melainkan awal dari perjalanan Panjang dalam pengembangan professional sebagai dosen.

Dia berharap ilmu yang diperoleh selama pelatihan dapat diimlementasikan dengan baik dalam proses pembelajaran sehari-hari, sehingga kualitas di intitusi dapat terus meningkat.

Kemudian Ahmad Fauzi, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para narasumber dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam menyelenggrakan pelatihan ini, Tanpa kontribusi dan dedikasi Bapak / ibu sekalian, Pelatihan ini tentunya tidak akan berjalan dengan sukses.

Pada kata terakhir Ahmad Fauzi mengajak peserta pelatihan, mari kita bersemangat untuk belajar, Berinovasi dan meningkatkan kualitas diri demi kemajuan Pendidikan dikampus yang tercinta ini, pintanya (Humas UTU /AP).