MEULABOHUTU | Mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional dengan lolosnya dua kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) ke ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI)  Awards tahun 2023.

Pengumuman lolosnya dua kelompok mahasiswa UTU ini tertuang dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbud Ristek nomor: 7047/E2/KM.01.01/2023 tentang Peserta KMI Awards 2023. Dua kelompok ini berhasil lolos bersama 492 kelompok mahasiswa lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Kelompok mahasiswa ini diantaranya ialah Ahmadi Bancin, Yusril Mizan dan Candra Muliadi, ketiganya dari prodi kesehatan masyarakat dengan nama usaha Solmed Station Helm Wash pada Kategori jasa dan perdagangan. Kelompok ini dibimbing oleh Yarmaliza, SKM., M.Si dosen Prodi Kesehatan Masyarakat.

Sedangkan, satu kelompok lain beranggotakan Dimas Febriansyah P.T (Agribisnis), Dimas Fazira (Teknologi Informasi), Sariana (Agroteknologi), Ekel Pindonta P.A (Agroteknologi) dan Firmansyah Sinaga (Kesehatan Masyarakat) dengan nama usaha Pupuk Hijau Berkelanjutan pada Kategori Budidaya. Dosen yang mendampingi dan membimbing yakni Maulidil Fajri, S.P., M.Si dari Prodi Agroteknologi.

Dua kelompok mahasiswa ini selanjutnya akan berlaga pada ajang KMI Awards 2023 yang akan berlangsung pada 15-17 November 2023 di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja-Bali.

Menanggapi prestasi yang diraih 2 tim mahasiswa tersebut, Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si kepada Humas UTU Minggu (21/10/2023) menyampaikan apresiasinya kepada tim P2MW UTU, baik mahasiswa, dosen pembimbing, Korpus PKM maupun bagian kemahasiswaan UTU yang turut memberikan support system sehingga dua kelompok usaha dari UTU berhasil lolos ke ajang Expo KMI Awards 2023.

”Alhamdulillah, tentu ini khabar yang sangat menggembirakan, karya mahasiswa UTU kembali mendapatkan pengakuan dari Kemendikbudristek. Setelah memperoleh hibah pada program P2MW, kedua gagasan bisnis tersebut akan dibawa ke pameran tingkat nasional di Bali,” ungkap Prof Ishak Hasan

Dirinya merasa bangga, bahwa mahasiswa UTU mampu bersaing dan mendapatkan perhatian serta pengakuan dari Kemendikbudristek.

“Ini adalah pengalaman yang berharga. Kami akan memaksimalkan kesempatan KMI Awarda 2023 sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan Universitas Teuku Umar dikancah nasional,” pungkas Rektor

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, H. Ibrahim Laweung, SKM., M.NSc menyambut positif atas capaian prestasi ini. “Alhamdulillah capaian ini menambah daftar mahasiswa UTU yang berprestasi dan mengharumkan nama UTU di tingkat nasional tahun 2023,” jelas Ibrahim

Ia menambahkan bahwa pencapaian tersebut merupakan hasil kolaborasi yang baik antara pimpinan Universitas, Koordinator Pusat PKM, bagian kemahasiswaan, para dosen pendamping dan mahasiswa yang terus menggelorakan semangat kompetisi dan budaya prestasi di lingkungan kampus.

Ibrahim berharap, semoga dengan diberikannya amanat dan kepercayaan kepada dua kelompok mahasiswa UTU dari Kemendikbudristek, diharapkan dapat memberikan dorongan semangat dan motivasi lagi bagi mahasiswa dan mahasiswi UTU lainnya untuk memiliki usaha atau berwirausaha.

“Semoga, dengan lolosnya dua kelompok ini menambah motivasi dan semangat lagi bagi mahasiswa dan mahasiswi UTU untuk berwirausaha dan dinyatakan lolos pada program P2MW atau program – program lainnya yang digagas oleh Kementerian,” pungkasnya penuh harap.

Sementara Koordinator Pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Teuku Umar, Yarmaliza, SKM., M.Si  menyebutkan bahwa pada tahun 2023 ini, UTU telah berhasil  memenangkan pendanaan P2MW sebanyak 8 proposal, dalam prosesnya telah melakukan monev internal dan memberikan support system terhadap kedelapan tim yang memperoleh pendanaan tersebut.

“Alhamdulillah dari 8 tim P2MW yang mendapatkan pendanaan tahun ini, dua tim berhasil lolos menjadi peserta KMI Award 2023,” kata Yarmaliza

Dijelaskan Yarmaliza, kegiatan P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW.

“Ini adalah pemberian award kali kedua. Sebelumnya sudah pernah kita ikuti di UPN Veteran Jatim. Kali ini, Insya Allah kita akan berangkat KMI award 2023 yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja-Bali pada 15-17 November 2023 mendatang, Ada expo usaha mahasiswa lolos pendanaan juga nanti di sana,” ujar Yarmaliza

Sebagai dosen pembimbing, Yarmaliza merasa bangga atas prestasi yang diraih ketiga mahasiswanya. “Kita pasti bangga sekali dengan prestasi mahasiswa ini, menjadi satu dari ratusan kelompok yang lolos awarding bukan hal yang mudah. Alhamdulillah kita mengalami peningkatan yang lolos ke KMI Awards 2023 berbanding pada tahun 2022 lalu yang hanya mampu meloloskan satu tim” tambahnya.

Ia berharap, ke depannya mahasiswa yang mendapatkan award bisa melanjutkan usahanya sehingga bisa menjadi motivasi untuk mahasiswa lainnya. “Semoga ini memotivasi adik tingkat untuk juga bersemangat membangun usaha bahkan berwirausaha, mengikuti berbagai kompetisi dan pendanaan hibah yang dilaksanakan oleh Ristekdikti sebagai bagian dari pembelajaran MBKM bahkan lebih lanjut menjadi usaha yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).