MEULABOHUTU | Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) laksanakan kegiatan Full Asesment (FA) pada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Teuku Umar pada tanggal 31 Agustus dan 1 September 2024 bertempat di The Pade Hotel, Banda Aceh.

Dr. Vina maulidia yang juga ketua bidang mutu LSP UTU mengatakan kegiatan Full Asesment adalah serangkaian proses dalam memverikasi kelengkapan dokumen baik SOP dan Renstra, kesesuaian dokumen Materi Uji Kompetensi (MUK) terhadap skema dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

“Pada 3 skema relisensi (Skema anak buah kapal, Pertanian organik & pendamping UMKM) serta ada 7 skema Penambahan ruang lingkup (Asisten kebun kelapa sawit, Pelaksanaan Gedung, pengawasan kontruksi, K3 kontruksi, kewirausahaan, Kebijakan publik dan K3 Kesehatan)” jelas Dr. Vina

Full Asesment dipimpin langsung oleh Lead Asesor BNSP yaitu Sdr. Muhammad Zubair, M.Si., AAIS dan tim dari Divisi Hukum dan legalitas BNSP yaitu S.dri. Kurniawati, SH., M.Kn. bertugas memverifikasi kelengkapan dokumen yang berada pada LSP universitas Teuku Umar.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari ketua LSP UTU yaitu Dr. Uswatun Hasanah, S.Si., M.Si yang menyampaikan keterangan bahwa LSP UTU mendapatkan dukungan penuh dari Dewan Pengarah yaitu, Rektor UTU beserta wakil rektor lingkup UTU dalam kegiatan full Asesment yang bertujuan memperpanjang lisensi dari 2024 s.d 2029 serta penambahan ruang lingkup skema LSP yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja sehingga calon alumni akan mendapatkan pembekalan teknis dan sertifikat pendamping ijazah”.

Kurniawati, SH., M.Kn selaku perwakilan BNSP menjelaskan “setiap LSP harus memastikan kesesuaian dokumen dan harus dipastikan asesor memiliki sertivikat kompetensi teknis dari LSP P3 sebelum menguji calon alumni”.

Menanggapi arahan asesor, ketua bidang sertivikasi LSP UTU Dr Munandar, S.Kel., M.Sc akan memastikan dan memfasilitasi asesor yang belum memiliki sertivikat teknis untuk dapat memenuhi kualifikasi tersebut agar LSP UTU memiliki jaminan mutu yang sesuai dengan kriteria BNSP.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Drs. Ishak, M.Si yang juga sebagai ketua Dewan Pengarah dalam tempat terpisah menyampaikan bahwa “Lembaga Sertifikasi Profesi ini juga merupakan bagian dari upaya UTU menjadi PTN BLU, LSP P1 UTU ditargetkan memulai aktifitasnya pada tahun 2025”. (Humas UTU).